Wiranto: Jangan Dorong-dorong Jokowi untuk ke Papua

409

Jakarta– Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta tak ada pihak-pihak yang mendorong Presiden Jokowi mengunjungi Papua guna meredakan ketegangan atas serangkaian demonstrasi yang berujung ricuh.

Wiranto menegaskan, Presiden Joko Widodo tentunya akan tetap datang ke Papua, meski tak ada pihak yang menyuruh.

Tanggapan Wiranto saat itu menjawab pertanyaan wartawan yang menanyakan upaya Jokowi membangun dialog dengan masyarakat Papua.

“Jangan dorong-dorong Presiden Jokowi ke Papua, Pak Jokowi datang tentunya nanti akan membawa kebaikan,” kata Wiranto dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jumat (30/8).

Ada beberapa catatan penting yang disampaikan Wiranto terkait kondisi terkini di Papua dan Papua Barat. Di antaranya Wiranto mendeteksi ada orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab di balik serangkaian aksi demonstrasi berujung kerusuhan di Papua.

Catatan lainnya, Wiranto juga menyatakan pemerintah telah mengabulkan tuntutan masyarakat Papua agar pemerintah memproses pelaku pelanggar hukum dalam insiden pengepungan di asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, beberapa waktu lalu.

“Kami menjamin bahwa tidak ada yang lolos dari jeratan hukum pada saat mereka melanggar hukum,” tegas Wiranto.

Seperti diketahui, sejumlah pihak belakangan meminta Presiden Jokowi untuk segera ke Papua untuk menemui masyarakat di bumi Cenderawasih.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai Jokowi sangat lambat dalam menangani kerusuhan yang sudah menjalar di berbagai wilayah. Politikus Gerindra itu meminta agar Jokowi datang ke Papua untuk melihat kondisi dan menyelesaikan persoalan secara langsung ketimbang hanya bekerja dari Jakarta.

“Dan presiden seharusnya datang ke sana. Lambat sekali, kenapa kok sampai sekarang belum ke papua? Kenapa harus nunggu sampai September? Sekarang dong datang,” kata Fadli di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Jumat (30/8). , CNN Indonesia 

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...