WHO Belum Bisa Pastikan Kapan Pandemi Covid-19 Akan Berakhir

2704

Repelita.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 akan segera berakhir. WHO mencatat bahwa kasus Covid-19 di seluruh dunia terus mengalami peningkatan dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan dan baru saja dimulai, seperti di Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

“Sebagian besar negara masih dalam tahap awal epidemi mereka dan beberapa yang terkena dampak awal pandemi mulai mengalami peningkatan kasus-kasus,” kata Dr Tedros, Direktur Jenderal WHO, seperti dilansir dari Reuters, Kamis, (23/4/2020).

Tedros menyoroti peningkatan kasus di Afrika dan Amerika. Sementara itu, Tedros juga mengungkapkan kasus Covid-19 di Eropa Barat sudah mulai tampak stabil dan menurun namun harus tetap waspada.

“Ada tren kenaikan yang mengkhawatirkan pada epidemi awal di beberapa bagian Afrika dan Amerika Tengah dan Selatan,” ungkap Tedros.

“Jangan salah kita masih harus menempuh perjalanan panjang. Virus ini akan bersama kita untuk waktu yang lama,” tambah Tedros.

Tedros juga meminta Pemerintahan Trump untuk mempertimbangkan kembali penangguhan pendanaan untuk WHO. Tedros menyatakan fokus utamanya adalah untuk mengakhiri pandemi dan menyelamatkan nyawa manusia.

“Saya berharap pembekuan dana akan dipertimbangkan kembali dan AS akan sekali lagi mendukung pekerjaan WHO dan terus menyelamatkan nyawa,” ujar Tedros. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

Comments

comments

Loading...