Virus Corona Semakin Mematikan, Kemenkes Imbau Waspada tapi Tak Perlu Panik, Sudah Dilakukan Upaya Ini

275

JAKARTA – Pemerintah memintah masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap mewabahanya virus corona di beberapa negara.

Hanya saja kewaspadaan itu tidak perlu disertai kepanikan luar biasa karena pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah berupaya melakukan sejumlah pencegahan.

Salah satunya adalah dengan melakukan screening di sejumlah pintu masuk seperti Bandara dan Pelabuhan.

“Kami mewaspadai orang-orang yang masuk ke Indonesia dari daerah terpapar, masyarakat tidak perlu panik berlebih,” ujar Achmad Yurianto, Sekretaris Ditjen P2P Kementerian Kesehatan seperti dilansir CNN Indonesia, Sabtu (25/1/2020).

Upaya lain yang dilakukan dengan mengimbau masyarakat mengenakan masker agar tidak menular atau tertular virus mematikan itu.

Gejala virus corona berupa batuk, pilek, demam dan kemudian sesak napas berkepanjangan itu diharapkan untuk segera ditangani masyarakat jika menemukannya dengan merujuk ke rumah sakit terdekat.

“Kalau ada tanda-tanda virus corona langsung periksakan ke rumah sakit. Setiap rumah sakit siap kok menghadapi pasien virus corona. Kalau nanti kekurangan alat, ya tinggal dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap, tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Pada Desember 2019 lalu virus Corona menyebar dari Wuhan di China. Setidaknya telah ada 41 korban tewas hingga kini dengan seluruhnya di China.

Diperkirakan lebih dari 1280 orang telah terinfeksi virus ini. Meski mayoritas kasus terjadi di Wuhan, penderita yang terinfeksi juga ditemukan di Thailand, Australia, Malaysia, Singapura, Makau, Hong Kong, Vietnam, Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Kemenkes mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap gejala korona virus yang mirip demam.

(sta/pojoksatu)

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...