Viral Nikahi Miss Moscow, Raja Malaysia Sultan Muhammad V Turun Tahta

234
Sultan Muhammad V | NEW STRAITS TIMES

Sultan Muhammad V mundur dari tahta Raja Malaysia pada Minggu (6/1) setelah dua tahun bertahta. Ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah negara itu.

Raja secara resmi menginformasikan Penguasa Melayu tentang pengunduran dirinya melalui surat yang dikirim pada Sekretaris Konferensi Penguasa yang menjadi pengawas rumah tangga kerajaan Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz.

“Dalam mengakomodasi permintaan Yang Mulia Yang Dipertuan Agung Sultan Muhammad V, Istana Negara mengumumkan Yang Mulia mundur sebagai Yang Dipertuan Agung ke-15 efektif pada 6 Januari 2019, sesuai Pasal 32 (3) Konstitusi Federal,” papar Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz, dilansir dari Channel News Asia, Senin (7/1).

Wan Ahmad Dahlan menjelaskan, Sultan Muhammad V mengungkapkan terima kasih pada Penguasa Melayu yang memilihnya sebagai Yang Dipertuan Agung ke-15 pada 13 Desember 2016. Dia juga mengungkapkan apresiasi pada Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dan pemerintah atas kerja sama dalam mengelola negara.

“Selama jabatannya sebagai Yang Dipertuan Agung, Yang Mulia telah bekerja memenuhi tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan padanya sebagai kepala negara, menjadi pilar stabilitas, sumber keadilan dan sebagai payung solidaritas dan persatuan rakyat,” ungkap Wan Ahmad Dahlan.

Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz menyatakan Sultan Muhammad V sebagai komandan tertinggi Pasukan Bersenjata Malaysia yang rela berkorban dan setia pada dia dan negara selama bertahun-tahun.

“Yang Mulia berharap seluruh rakyat Malaysia akan terus bersatu, toleran dan sepakat dalam memikul tanggung jawab menjaga kedaulatan negara sehingga Malaysia akan tetap damai dan harmoni,” papar Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz.

Mantan raja itu telah kembali bekerja untuk pembangunan Kelantan bersama pemerintah dan rakyat negara bagian. Sesuai sistem kerajaan konstitusional Malaysia, pemilu untuk Yang Dipertuan Agung digelar bergilir setiap lima tahun.

Rumor tentang pengunduran diri itu beredar online awal pekan ini meski demikian Mahathir menyatakan dia belum menerima penjelasan resmi atas masalah itu.

Menurut laporan online pada November, raja berusia 49 tahun itu menikah dengan mantan ratu kecantikan berumur 25 tahun bernama Oksana Voevodina yang meraih gelar Miss Moscow pada 2015.[] AKURAT

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.