Viral Kucing Peliharaan Tunggui Pusara Gus Sholah

668
Dream

Sudah hampir dua pekan, tokoh bangsa KH Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah pergi menghadap Sang Kuasa. Kesedihan dirasakan oleh keluarga, para santri, kolega, hingga seluruh masyarakat Indonesia karena telah kehilangan sosok ulama panutan.

Makam Gus Sholah di Komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, hingga kini masih ramai peziarah. Mereka membacakan doa agar Gus Sholah diampuni segala kesalahan dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Tak hanya masih ramai peziarah, ada pemandangan lain yang unik di sekitar pusara Gus Sholah. Terlihat kucing peliharaan keluarga Gus Sholah menunggu pusara kiai kharismatik tersebut.

Seorang santri asal Nangroe Aceh Darussalam, Teuku Azwani, menemukan mendapati kucing Gu Sholah saat membersihkan makam pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng tersebut pada Jumat 7 Februari 2020. Kucing itu tidur di samping pusara Gus Sholah.

Azwani menyadari kucing tiga warna bulu tersebut adalah salah satu peliharaan Gus Sholah. Dia pun mengabadikan momen istimewa tersebut, yang kemudian viral di media sosial.

Perilaku Aneh Kucing

Saat mengganti bunga-bunga di atas pusara yang sudah layu, Azwani mengabarikan keberadaan kucing itu.

” Saya kaget kok ada kucing piaraan Gus Sholah di makam. Akhirnya saya potret. Eh, nggak tahunya foto itu sekarang viral di media sosial,” kata Azwani, dikutip dari Berita Jatim.

 Kucing Gus SholahKucing Gus Sholah © Berita Jatim

Kucing tidur di dekat pusara Gus Sholah (beritajatim.com)

Azwani menangkap adanya perilaku aneh kucing tersebut. Sebab, sebelumnya kucing peliharaan Gus Sholah tidak pernah bermain di sekitar makam.

” Tapi kemarin malah tiduran di dekat pusara Gus Sholah,” kata dia.

Azwani mengatakan beberapa hari sebelumnya dia juga melihat perilaku aneh kucing itu. Si kucing tidur di atas peti jenazah Gus Sholah.

Gus Sholah, Ulama Pecinta Kucing

Menurut Azwani, ada banyak kucing tinggal di kediaman Gus Sholah. Bahkan, cucu Hadratusysyeikh Hasyim Asy’ari tersebut sampai membuatkan rumah-rumahan untuk para kucing.

 KucingKucing © Berita Jatim

Rumah kucing Gus Sholah (beritajatim.com)

Gus Sholah memang sangat suka pada kucing. Koleksinya cukup banyak, mulai dari jenis Anggora hingga kucing kampung.

Kucing-kucing tersebut tidak pernah sampai kelaparan. Bahkan, Gus Sholah selalu pergi ke dokter hewan jika ada kucing yang sakit.

” Beliau (Gus Sholah) sangat memperhatikan hewan piaraan itu,” terang Azwani. dream

Sumber: Berita Jatim

Comments

comments

Loading...