[Video] NGERI!! Awan Berbentuk “Ombak Tsunami” di Langit Makassar

1120

Memasuki awal tahun baru #2019, fenomena awan menyerupai ombak terjadi di langit Kota Makassar. Hal itu tampak jelas di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa, 1 Januari 2019. Peristiwa langka itu diketahui terjadi pagi hari, sekitar pukul 08.00 Wita. Awan yang bergerak dari Selatan ke Utara itu juga disertai hujan.

Apa itu Awan Cumulonimbus? Awan ini adalah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi (2.000-16.000 meter), padat, dan di dalamnya mengandung badai petir serta cuaca dingin. Cumulonimbus berasal dari bahasa latin “cumulus” berarti kumpulan dan “nimbus” berarti hujan. Awan ini terbentuk karena ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan ini dapat terbentuk sendiri atau berkelompok. Awan ini membesar secara vertikal, bukan horizontal sehingga bisa berbentuk seperti jamur menjulang.

Petir yang berada di jantung awan bisa menimbulkan curah hujan tinggi dan angin kencang. Petir ini biasanya menghilang setelah 20 menit. Namun jika terdapat energi matahari di atmosfer, petir bisa makin banyak dan berlangsung hingga hitungan jam. Awan ini biasa ditemukan di kawasan tropis.

Bentuk awan cumulonimbus yang menyerupai gelombang tsunami ini juga pernah terjadi di beberapa negara, salah satunya di Sydney, Australia pada 2015. Awan tsunami tersebut diabadikan fotografer Reuters di Pantai Bondi. Meski bentuknya menyeramkan, namun awan ini dianggap tidak berbahaya lantaran hanya fenomena yang terjadi karena udara lembab bercampur dengan angin yang dingin. ngelmu

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...