Trump Umumkan AS Putus Hubungan dengan WHO

1100

Repelita.com : Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa Amerika Serikat memutus hubungannya dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas kegagalan organisasi tersebut menangani pandemi virus corona. Tidak hanya itu, Trump juga menyebut WHO sebagai boneka China.

“China memiliki kendali penuh atas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meskipun hanya menyumbang $ 40 juta per tahun dibandingkan dengan apa yang telah disumbangkan oleh Amerika Serikat yaitu sekitar $ 450 juta per tahun,” kata Trump, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu, (30/5/2020).

Keputusan Trump untuk keluar dari WHO yang bermarkas di Jenewa terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing terkait pandemi Covid-19. Trump menilai virus corona sengaja dibuat oleh China. Amerika Serikat secara resmi bergabung dengan WHO sejak 1948.

Trump sejak bulan lalu juga telah menangguhkan pendanaannya untuk WHO. Kemudian pada tanggal 18 Mei, Trump mengirim surat kepada WHO untuk melakukan reformasi di badan PBB tersebut.

“Karena mereka telah gagal untuk melakukan reformasi yang diminta dan sangat diperlukan, kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan WHO. AS akan menyalurkan pendanaan langsung ke seluruh dunia yang layak mendapatkan bantuan kesehatan masyarakat global yang mendesak,” ujar Trump.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pengumuman Trump. Sebelumnya WHO telah membantah pernyataan Trump yang menyebut WHO sebagai China-sentris. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...