TKN Jokowi-KH Ma’ruf Sambut Baik Model Pertanyaan Terbuka

146
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto.Foto/Dok.Ist

JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto sambut baik kebijakan model pertanyaan terbuka dalam debat Pilpres 2019 yang dirancang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasto mengatakan, model pertanyaan terbuka bisa mendorong pasangan calon memperjelas penyampaian pandangan hingga skala prioritas ke depan yang dapat diketahui publik dalam debat. “Seluruh pertanyaan panelis harus direspons oleh paslon. Dengan itu kami ingin berikan program jelas. Ingin berikan skala prioritas Jokowi-Ma’ruf ke depan,” ujar Hasto di Parade Akhir Pekan Merah Cinta Negeri di kawasan Monumen Ondel-Ondel, Jakarta, Minggu (6/1/2019).

Selain itu, Hasto juga menyinggung bahwa calon pemimpin tak hanya pandai dalam menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan dalam debat. Namun calon pemimpin juga perlu menunjukan karakter yang positif.

“Kan untuk pemimpin bukan hanya jawab pemetaan (pertanyaan) tapi (menunjukkan) karakter. Dengan karakter baik, turun bersama rakyat itu jadi modal utama Pak Jokowi bersama Kiai Ma`ruf,” jelas Hasto.

Diketahui KPU telah membuat terobosan baru dengan menyiapkan model debat yang berbeda dari debat kandidat 2014. Model baru yang akan diterapkan pada debat capres-cawapres 2019 adalah mengenai model pertanyaan yang dibuat terbuka dan tertutup kepada pasangan calon.

ADVERTISEMENT

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan, yang berbeda adalah model pertanyaan dengan sistem terbuka yakni pertanyaan dari penelis sudah dikirim atau diserahkan duluan kepada masing-masing paslon.

“Kalau target kita sih tanggal 10 lah, seminggu sebelum pelaksanaan debat (pertanyaan sudah dikirim ke paslon),” kata Arief usai membuka rapat perdana panelis debat di Hotel Mandarin, Sabtu 5 Januari 2019. sindo

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here