Timses Jokowi soal Cucu Hasyim Asy’ari Dukung Prabowo: Tak Berpengaruh

669

Bergabungnya cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama Hasyim Asy’ari, Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan) menjadi jubir Prabowo-Sandi diyakini tak memberikan pengaruh besar terhadap suara dukungan NU untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Abdul Kadir Karding meyakini suara NU akan lebih banyak mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Jokowi-Ma’ruf. Hal ini karena tokoh-tokoh NU yang bergabung bersama koalisi Jokowi-Ma’ruf jauh lebih banyak.

“Saya kira tidak akan memberikan pengaruh yang besar atau signifikan karena secara umum seluruh keturunan Mbah Hasyim Asy’ari lebih banyak di pihak Pak Jokowi baik itu Mba Yeni (Putri Gus Dur) dan keluarga besar dan kemudian Gus Ipang (keponakan Gus Dur) dan keluarga besar,” kata Karding kepada wartawan, Jumat (2/11).

“Kemudian Mas Muhaimin lalu Pak Romi itu semua adalah bagian keluarga NU dan yang memiliki pengaruh yang kuat dan teruji di masyarakat,” jelasnya.

Sandiaga Uno, Gus Irfan (Jubir Baru), Dahnil Simanjuntak© Disediakan oleh Kumparan Sandiaga Uno, Gus Irfan (Jubir Baru), Dahnil Simanjuntak

Karding menjelaskan, KH Ma’ruf Amin dipilih oleh Jokowi untuk menjadi cawapresnya, semakin yakin suara dukungan warga NU ke paslon nomor urut 1 tersebut.

“Saya kira warga NU lebih melihat tokoh- tokoh itu selain juga NU sendiri secara institusi mendorong Kiai Ma’ruf menjadi wakil. Jadi saya sih melihat selama ini yang memiliki track record panjang,” jelasnya.

Tak hanya Karding, jubir Jokowi-Ma’ruf Ace Hasan Syadzily pun beranggapan demikian. Namun, terkait dengan dukungan Gus Irfan tersebut dia menyerahkan pada sikap masing-masing pribadi.

“Ya, itu hak politik Gus Irfan untuk menentukan pilihan politiknya dalam Pilpres 2019 nanti. Perbedaan politik itu biasa di kalangan keluarga besar Pesantren Tebuireng, Jombang,” jelasnya.

“Soal pengaruh, ya kita serahkan kepada para Nahdliyin walaupun kami sangat yakin bahwa di antara sekian banyak generasi muda cicitnya Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari dan para pendiri NU (KH Wahab Chasbullah, KH Bisri Syamsuri) hampir semuanya bersama Tim Jokowi,” pungkasnya.

Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi© Disediakan oleh Kumparan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi

kumparan

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...