Tegas, Gubernur Bali Perintahkan Bule Ceko Cebok Pakai Air Suci Pura Diusir

398

DENPASAR – Dua bule asal Republik Ceko yang cebok menggunakan air suci dari palinggih sepertinya tak akan bisa menikmati pesona dan eksotisme Bali lagi.

Pasalnya, pasangan bule yang diketahui bernama Sabina Dolezalova (25) dan Idenek Slavka (25) itu dianggap telah melecehkan tempat suci di Pulau Dewata tersebut.

Karena itu, Gubernur Bali I Wayan Koster memerintahkan wisatawan asing seperti keduanya dipulangkan saja.

Demikian disampaikan Koster usai mengikuti sidang paripurna DPRD Bali, di Denpasar, Selasa (13/8/2019).

“Ke depan, kalau ada wisatawan yang seperti itu lagi, harus pulangin, sudah tidak tertib datang ke Bali,” tegasnya.

Tak hanya itu, Koster juga meminta anak buahnya melakukan inventarisir terkait penyelenggaraan kepariwisataan yang melecehkan atau merusak citra pariwisata di Bali.

Karena itu, ia mengingatkan pemerintah daerah dan masyarakat ikut aktif mengawasi dan menjaga tempat-tempat suci, utamanya yang banyak dikunjungi wisatawan.

Koster juga menegaskan, demi alasan pendapatan dari sektor wisata, bukan berarti wisatawan bisa berbuat seenaknya,

“Jadinya kita terlalu longgar dan membiarkan berperilaku kurang bermartabat yang dilakukan wisatawan,” tegasnya.

Untuk diketahui, video kelakuan Sabina Dolezalova dan Idenek Slavka itu sebelumnya viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, tampak sepasang kekasih itu berdekapan dan berkumunikasi dengan perempuan yang merekam dengan menggunakan kamera telepon selular.

Sejurus kemudian, Sabina mengangkap rok pendeknya dan menungging. Sementara, Idenek mengambil air suci dari palinggih untuk menceboki Sabina.

Usai melakukan aksi tersebut, keduanya pun tampak tertawa-tawa. Disebutkan, video itu diambil di Pura Beji Monkey Forest, Ubud, Gianyar.

Setelah viral dan mendapat kecaman, keduanya lantas menyampaikan permintaan maaf melalui video yang diunggah di Insta Story akun Instagram masing-masing.

Keduanya berdalih, tidak mengetahui bahwa tempat tersebut adalah tempat suci.

Akan tetapi, warganet membongkar bahwa dalih itu adalah kebohongan. Paslnya, terdengar jelas dalam video bahwa mereka mengetahui bahwa tempat itu adalah tempat suci.

(ruh/pojoksatu)

Comments

comments

Loading...