Teddy Gusnaidi Beri Saran ke Haikal Hassan Agar Tidak Terjerat Pidana

256
Teddy Gusnaidi

Juru bicara Persaudaraan Alumni 212 Haikal Hassan Baras menjadi sorotan publik setelah mengaku memberikan uang ke Opposite, akun yang mempublikasikan data pribadi Denny Siregar. Salah satu yang menyorotinya ialah Dewan Pakar PKPI Teddy Gusnaidi.

Seperti diketahui, Haikal mengakui memberikan uang setelah akun Twitter @xdigeeembok mengungkapkan bahwa Wahyu Budi Laksono merupakan orang di balik akun Opposite. Akun @xdigeeembok juga menyebut bahwa Haikal pernah memberi Wahyu Rp5 juta.

Menurut Teddy, pengakuan Haikal memberikan uang ke Opposite secara tidak langsung membenarkan bahwa orang di balik akun itu ialah Wahyu.

“Bos ini bisa dianggap pengakuan sekaligus tuduhan. Pertama, Anda secara tidak langsung mengakui bahwa Anda tahu siapa orang di balik akun Opposite dan orang di balik akun Opposite mengenal Anda dengan baik, sehingga dia bisa meminta uang ke Anda untuk kebutuhan keluarganya @haikal_hassan,” kata @TeddyGusnaidi di Twitter, Minggu (12/7/2020).

“Wahyu bisa mempidanakan Anda jika Anda tidak bisa membuktikan bahwa Wahyu adalah Opposite. Sedangkan akun Opposite selama ini membantah bahwa Wahyu adalah dirinya. Ini masalah baru buat Anda.. @haikal_hassan,” imbuhnya.

Teddy menyarankan agar Haikal memberikan klarifikasi detail, khususnya tentang orang di balik akun Opposite. Hal itu supaya Haikal tidak terjerat kasus ke depannya.

“Agar terhindar dari pidana, Anda harus bisa membuktikan bahwa Wahyu itu adalah opposite dengan memberikan bukti siapa orang yang mengirimkan data ke Wahyu, apa isi datanya dan isi data itu harus sesuai dengan tulisan akun Opposite di Twitter,” tuturnya.

“Misalnya Anda sendiri sebagai pensuplai data, Anda buktikan kiriman data melalui chat atau email ke Wahyu, lalu Anda kasih bukti bahwa data yang Anda suplay itu tampil di akun opposite. Sehingga polisi bisa menciduk Wahyu. Kalau tidak, maka Anda yang terseret sendiri.. @haikal_hassan,” saran Teddy.

Terakhir, Teddy juga meminta Haikal untuk membuktikan semuanya agar kasus tersebut tidak melebar dan dapat menyulitkannya.

“Saran saya, Anda buktikan segera, jangan melebar karena akan makin menyulitkan Anda, dan jangan gunakan alasan akun Anda di hack, karena tetap akan terlacak. Tetap semangat Pak Haikal Hassan.. @haikal_hassan @xdigeeembok,” tuturnya.

Sebelumnya, Haikal Hassan mengakui pernah transfer duit ke pembocor data Denny Siregar. Namun, uang itu untuk membantu keluarga Wahyu, bukan untuk kejahatan.

Untuk kasus adanya transferan ke opposite, saya bantu untuk kebutuhan primer keluarganya di Jakarta. Dan ybs bukan orang yang ada dalam daftar yang dikeluarkan polisi untuk dicari. Kalau ada data itu, mustahil saya mau transfer, karena itu membantu sebuah kejahatan. @xdigeeembok,” ujar Haikal.[]

Sumber Berita / Artikel Asli : Akurat

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...