Tanggal Pelantikan Gubernur DKI Jakarta Belum Dipastikan

271
Sudirman Said, Saefullah dan Tuty saat membahas RKPD 2018‎, di Ruang Pola, Gedung G, Balai Kota, Sabtu (20/5/2017)

Jakarta — Kurang dari dua pekan masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berakhir, jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno belum ditentukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengaku belum menerima kabar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal kepastian tanggal tersebut.

“Kami belum dapat tanggal. Bisa 13 Oktober atau bisa 16 Oktober, enggak tahu saya. Ini kan wewenangnya ada di Kemendagri yang mengundang,” kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/10).

Ia mengaku, belum ada komunikasi antara pihaknya dan Kemendagri perihal penetapan tanggal pelantikan.

“Kemendagri belum pernah ketemu saya. Jadi enggak tahu juga,” ujarnya.

Saefullah menambahkan, dirinya tidak mengetahui rencana penggabungan pelantikan antara Gubernur dan Wakil DKI Jakarta dengan D.I. Yogyakarta.

Meski begitu, Saefullah menyebut, pihaknya siap menyambut pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih kapan saja.

“Bisa juga tanggal lain juga, kita enggak tahu nih, belum tahu kan. Tapi kita siapkan di sini. Kapan saja kita siapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemendagri mengusulkan pelantikan Anies-Sandi dilaksanakan pada 16 Oktober 2017.

Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono mengatakan, pelantikan Anies-Sandiaga rencananya dilakukan pada 16 Oktober 2017 di Istana Negara. Tanggal itu dipilih mengingat masa jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat selesai pada 15 Oktober 2017.

“Kami mengusulkan ini tentatif, kita harapkan karena 15 Oktober itu adalah akhir masa jabatan Gubernur DKI. Maka pelantikannya tanggal 16 Oktober 2017 itu sifatnya usulan pada Pak Presiden,” kata Sumarsono. , CNN Indonesia


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here