Taiwan Jadi Negara Pertama di Asia yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

183

 Parlemen Taiwan telah melegalkan pernikahan sesama jenis setelah pengambilan keputusan melalui voting dilakukan Jumat (17/5). Keputusan ini menjadikan Taiwan sebagai negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Pada 2017, pengadilan konstitusi Taiwan memutuskan bahwa pasangan sesama jenis memiliki hak untuk menikah secara sah. Parlemen kemudian diberi tenggat waktu dua tahun dan diminta meloloskan perubahannya pada 24 Mei 2019.

Keputusan ini disambut baik oleh ratusan anggota komunitas dan pendukung hak-hak LGBT yang turun ke jalan di tengah hujan. Rasa gembira dan haru tak bisa disembunyikan oleh para anggota komunitas LGBT yang berkumpul di depan gedung parlemen Taiwan.

“Perjuangan untuk kesetaraan tidak berhenti di sini. Kami akan terus berjuang melawan diskriminasi, intimidasi, dan mempertahankan pendidikan kesetaraan gender,” kata Jennifer Lu, koordinator kelompok hak asasi Koalisi Kesetaraan Pernikahan Taiwan, dilansir dari laman BBC, Jumat (17/5).

“Bagi saya hasilnya hari ini tidak 100 persen sempurna, tetapi masih cukup bagus untuk komunitas gay karena memberikan definisi hukum,” kata Elias Tseng, seorang pendeta gay.

Keputusan itu akan efektif sebagai undang-undang setelah ditandatangani oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Meski disambut gembira oleh masyarakat, keputusan ini ditentang keras oleh kelompok konservatif Taiwan.[] akurat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here