Survei Tentang Kepuasan Kinerja Jokowi-JK Penuh Paradoks

483
Jokowi

Hasil sejumlah lembaga survei yang menyebut publik puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-JK dinilai Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon penuh dengan paradoks.

Ini lantaran dalam survei tersebut, kepuasan masyarakat terhadap sejumlah bidang vital, seperti kebutuhan pokok, kemiskinan, lapangan kerja, atau pengangguran berada di bawah 35 persen.

“Bahkan ada yang di bawah 30 persen. Jadi saya kira survei-survei yang menyatakan bahwa masyarakat puas atas kinerja pemerintah itu penuh paradoks,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (23/10).

Menurutnya, banyak lompatan logika yang tidak nyambung dalam hasil survei sejumlah lembaga survei yang kemudian menempatkan kepuasaan umum terhadap pemerintah Jokowi-JK bisa di atas 60 persen

Namun begitu, Fadli mengaku tidak heran dengan kejanggalan tersebut jika dilihat dari kecenderungan yang terjadi di lembaga survei saat ini .

“Memang itu sebenarnya tidak terlalu mengherankan, karena hampir semua lembaga survei di Indonesia juga merangkap menjadi lembaga konsultan politik. Dan saya kira masyarakat kita sudah makin cerdas memperhatikan hal itu,” tutup Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra.

Sejumlah lembaga survei menempatkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-JK berada di angka 60 persen. Seperti hasil survei Indikator Politik yang menilai 68,3 persen publik puas, SMRC juga 68 persen. Sementara Polmark Indonesia merilis bahwa tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-JK sebesar 59 persen. [ian] rmol


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here