Survei Median: 10 Parpol Takkan Lolos ke DPR

1542
Partai

Jakarta – Media Nasional (Median) mengumumkan hasil survei terbarunya mengenai elektabilitas kandidat partai politik (Parpol) dan Calon Presiden (Capres) untuk Pemilu 2019.

Dalam hasil surveinya, Median mengungkapkan jika dari 16 parpol peserta Pemilu, hanya enam saja yang akan lolos ke DPR periode 2019-2024. Artinya, terdapat sepuluh partai yang tidak akan lolos ke Senayan karena tidak memenuhi syarat ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4%.

Direktur Riset Media, Sudarto mengatakan, sepuluh partai itu adalah Perindo, PAN, PKS, PPP, Nasdem, Hanura, PSI, PKPI, PBB, dan Partai Berkarya.

“Elektabilitasi Perindo 3,5%, PAN 3,4%, PKS 3%, PPP 2,8%, NasDem 2,7%, Hanura 0,7%, PSI 0,3%, PKPI 0,2%, PBB 0,2%, Berkarya 0,2%,” papar Sudarto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (23/7).

“Responden yang belum menentukan pilihan (undecided voters) 14,4%,” sambungnya.

Survei dilakukan 6-15 Juli 2018 dengan melibatkan 1.200 responden dari seluruh Indonesia. Mereka dipilih dengan metode multistage random sampling secara proporsional atas populasi provinsi, dan gender.

Adapun margin of error survei plus minus 2,9% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel.

Meski begitu Sudarto memberi catatan semua bisa berubah. Sebab survei yang dilakukan lembaganya tidak memasukan unsur kinerja mesin partai.

“Karena memang kan mesin masing-masing partai belum bergerak, bahkan masih dilarang oleh KPU. Bisa saja masih banyak partai yang lolos. Apalagi kalau undecided voters sudah menentukan pilihan,” jelas Sudarto.

Hasil survei juga menunjukkan PDI Perjuangan bakal memenangkan Pemilu 2019. Elektabilitas banteng moncong putih sebesar 26%.

“Disusul Partai Gerindra pada urutan kedua dengan 16,5%, Golkar 8,8%, PKB 8,7%, dan Demokrat 8,6%,” katanya., Aktual.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.