Soal video RUU HIP, Demokrat ke PKS: Marahin pengunggah video dong

221
Demo tolak RUU HIP Foto: Antara

Polemik Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP, tak hanya ditingkatan rakyat tidak menyetujuinya. Lembaga perwakilan Senayan turut menimbulkan polemik, salah satunya muncul video yang mengklaim Fraksi PKS menyetujui usulan RUU HIP.

Video yang dibagikan melalui media sosial bisa ditemui melalui akun pengguna twitter @ImadHasan95. Dalam video yang diunggah, diterangkan anggota Badan Legislatif DPR Fraksi PKS, Bukhori Yusuf merasa tidak keberatan dengan usulan RUU HIP dalam rapat pleno Baleg yang digelar pada 22 April 2020.

Kontroversi justru terjadi lantaran, sang pengunggah video mengaitkannya dengan sosok politikus Partai Demokrat Cipta Panca Laksana.

“Makasih om @panca atas kejujurannya,” tulisnya.

Tak berselang lama video tersebut muncul, politikus Demokrat tersebut langsung memberikan respon dengan menyatakan bahwa dirinya selama ini selalu bicara apa adanya. Selain itu, Panca juga melontarnya komentarnya “Saya kan bicara fakta, nggak suka fitnah,” tulis Panca.

Komentar yang diunggap Panca, rupanya mendapat perhatian Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid atau HNW yang membalas komentar Panca melalui akun twitter pribadi HNW.

Dalam cuitannya, HNW menilai apa yang diungkapkan Panca tak membeberkan fakta secara utuh terkait sikap PKS saat melakukan  pembahasan RUU HIP. Ditegaskannya bahwa PKS menolak RUU HIP.

“Kalau benar tak suka fitnah, dan bicara fakta,mestinya tak hanya tampilkan sebagian fakta(tgl 22/4) dan sembunyikan fakta2 lain. Mestinya anda sebutkan fakta &dokumen seutuhnya bhw FPKS tak tandatangani pengusulan RUU HIP, dan akhirnya FPKS TOLAK RUU HIP saat Rapur DPR (tgl 12/5),” cuit HNW.

Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid Foto: antara

Perang sanggahan pun terjadi melalui media sosial antara politikus Demokrat dan PKS. Bahkan Panca ikut membalas komentar HNW, dan memintanya tidak salah menuding. Mengingat video yang tersebar tersebut, bukanlah dirinya yang membuat atau mengunggah.

“Hahaha, ngamuk ustadz ketahuan bohong? Marahin yang unggah video itu dong kok marah ke saya,” balas Panca.

“Iya deh PKS yang oposisi sendirian. Ambil aja deh,” imbuhnya

Dalam video diterangkan bahwa Anggota Baleg DPR Fraksi PKS, Bukhori Yusuf merasa tidak keberatan dengan usulan RUU HIP dalam rapat pleno Baleg yang digelar 22 April 2020.

PKS dinilai setuju RUU HIP

Dari penelusuran video yang tersebar di media sosial disebutkan bahwa politikus PKS Bukhori menyebutkan bahwa PKS tidak keberatan dan menilai RUU HIP tidak menimbulkan banyak mudhorot sama sekali.

“Tap MPR No.1 tahun 2003 khususnya itu ayat 2 kemudian termasuk pasal-pasal atau tap-tap yang kemudian tidak akan bisa berubah karena Lembaga MPR juga sudah tidak ada sehingga memasukkan ke sana itu sebernarnya tidak ada mudhorot sama sekali setelah teknis dan secara substantif. Pada dasarnya Fraksi PKS tidak keberatan (RUU HIP), tapi untuk kemudian disempurnakan terlebih dahulu, sehingga nanti setelah sempurna kita masukkan ke paripurna,” demikian kutipan pernyataan Bukhori.

Cuitan HNW kepada politikus Partai Demokrat
Cuitan HNW kepada politisi Demokrat Panca Foto: twitter

Untuk diketahui,  dalam RUU HIP, salah satu klausul yang menjadi sorotan adalah konsep Trisila dan Ekasila serta frasa ‘Ketuhanan yang Berkebudayaan’. Konsep dan frasa tersebut langsung menjadi kontroversi dan mendapatkan tentangan keras dari publik hingga sejumlah ormas.

Setelah menuai polemik, sebagian besar fraksi di DPR menolak RUU HIP termasuk PKS dan Demokrat.

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...