Siapa Order Perusakan Baliho SBY?

215
Bendera hingga spanduk Partai Demokrat di Pekanbaru dirusak. (dok Demokrat)

Pekanbaru – Polisi sudah menetapkan seorang pelaku dalang perusakan baliho SBY di Pekanbaru. Polisi masih memburu otak perusakan atribut kampanye milik Partai Demokrat tersebut.

Dirangkum detikcom, Senin (17/12/2018), siapa dalang perusakan baliho ini sangat perlu untuk diungkap. Pasalnya, berdasarkan keterangan tersangka, ia hanya melayani pesanan untuk merusak baliho dengan dijanjikan upah Rp 150 ribu.

“Ya, ada seseorang, itu yang masih dalam penyelidikan,” ujar Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo kepada wartawan di Mapolda Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru.

Meski demikian, polisi tetap meminta masyarakat tidak terprovokasi. Warga juga diminta tidak terpancing kabar-kabar hoax yang beredar di media sosial.

“Waspada, cermat, dan pandai masyarakat melihat pemberitaan ini bisa dipertanggungjawabkan atau bohong belaka,” kata Widodo.

Sebagaimana diketahui, puluhan atribut Demokrat yang terpasang di Jalan Sudirman, Pekanbaru, dirusak dan ada pula yang dibuang pada Sabtu (15/12) dini hari. Atribut ini dipasang sebagai bentuk sambutan terhadap kedatangan SBY dalam acara pelantikan pengurus cabang Demokrat.

Adapun pelaku diketahui bernama Heryd Swanto (22). Pelaku diamankan di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (15/12) sekitar pukul 01.45 WIB. Dari lokasi, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa tiang bambu dan kayu, potongan sobekan baliho, dan pisau cutter.

Sedangkan Menko Polhukam Wiranto meminta kasus perusakan atribut Partai Demokrat di Riau diusut tuntas. Dia berharap kasus ini tak mengganggu persiapan pemilu.

“Jangan sampai ini mengganggu persiapan pemilu yang sudah bagus, jangan sampai mengganggu indeks demokrasi atau istilahnya indeks kerawanan demokrasi yang sudah mulai kita kelola dengan baik,” kata Wiranto seusai rapat bersama Mendagri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat,
(cha/rvk) detik

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here