Selangkah Lagi Puan Maharani Menggantikan Megawati

418
Puan Maharani bersama anggota DPR PDI Perjuangan/Rmol

Puan Maharani bintang baru, stok lama. Cucu Bung Karno, anak dari pasangan Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri itu memantapkan pengaruh keluarganya dalam blantika politik nasional.

Wanita kelahiran 6 September 1973 ini baru saja dilantik menjadi Ketua DPR RI. Istri Hapsoro Sukmonohadi itu pun tercatat menjadi wanita pertama yang memimpin DPR RI.

Karier politik Puan memang terbilang moncer. Tidak hanya karena dirinya adalah cucu Bung Karno dan putri pasangan Taufiq-Mega, tetapi karena Puan punya talenta politik yang terbilang di atas rata-rata politisi yang satu angkatan dengan dirinya.

Ketika dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ada juga pihak yang meragukan dan menganggap bahwa posisi itu diberikan sebatas balas jasa Jokowi pada PDIP dan Megawati.

Namun Puan berhasil menjawab keraguan. Ia cepat belajar dan mampu menjaga pergaulan yang baik dengan kalangan politisi senior. Komunikasi politik Puan juga terbilang OK. Secara umum, sejauh ini, performa Puan sebagai Menko PMK terbilang baik dan memuaskan Presiden Jokowi.

Keberhasilan Puan menduduki kursi DPR RI menggantikan Bambang Soesatyo tentu saja diikuti spekulasi mengenai karier politik Puan selanjutnya.

Dalam perbincangan di kalangan pemerhati politik, posisi baru yang diduduki Puan itu dianggap menjadi modal yang cukup bagi dirinya untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan PDIP dari ibunya Megawati Soekarnoputri.

Memang belum bisa diperkirakan kapan waktu terbaik bagi Puan untuk memimpin partai berlambang banteng itu. Untuk sementara, soal itu tidak dianggap begitu penting. Toh, Megawati baru terpilih kembali menjadi Ketua Umum PDIP dalam Kongres di Bali bulan Agustus lalu.

Kapanpun diberikan, Puan pasti siap memimpin PDIP. Namun yang penting sekarang ini, untuk beberapa tahun ke depan, Puan perlu berkerja keras memimpin DPR RI agar menjadi lembaga yang benar-benar mewakili kepentingan bangsa dan negara, dan rakyat banyak.

Soal posisi di PDIP, sudah bisa dipastikan, selangkah lagi Puan akan menggantikan ibunya. Sang ibu, Megawati, pun pasti akan berbesar hati dan memberikan kesempatan itu kepada Puan Maharani.(rmol)

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...