Segini Gaji Suami Iis Dahlia Pilot Garuda yang Angkut Harley

1336

Jakarta – Nama Satrio Dewandono jadi bahan pembicaraan. Suami dari diva dangdut Iis Dahlia tersebut merupakan pilot di maskapai Garuda Indonesia. Satrio pun disebut sebagai pilot yang membawa pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda, yang mengangkut Harley Davidson jenis Shovelhead dan sepeda Brompton ilegal dari Toulouse, Prancis ke Jakarta.

Penasaran, berapa sih gaji pilot Garuda?

Menurut pengamat penerbangan Chappy Hakim, gaji atau take home pay pilot junior di Garuda bisa menembus Rp 60 juta per bulan, sedangkan gaji pilot senior berada di kisaran Rp 100-150 juta per bulan.

“Angka itu adalah angka yang pantas, angka yang logis, memang sebesar itu (Rp 60-150 juta),” kata Chappy kepada detikcom, Senin (9/12/2019).

Namun, menurut Chappy, besaran gaji pilot Garuda tersebut jika dibandingkan dengan gaji maskapai asing masih terbilang kecil. Bahkan, gaji pilot maskapai asing bisa 2-3 kali lipat dari gaji pilot senior terbesar di Indonesia.

“Singapore Airlines misalnya, sangat tinggi itu. Tapi pada umumnya memang tinggi maskapai asing itu, United Airlines juga tinggi. Dia pakai dolar lagi. Kalau dirupiahkan bisa jauh sekali, bisa 2-3 kali lipat lebih besar,” jelas Chappy.

Mengacu pada data Ikatan Pilot Indonesia (IPI), gaji pilot Indonesia secara nasional berada di kisaran Rp 38-45 juta. Menurut Chappy, gaji tersebut merupakan angka terkecil untuk gaji pilot di Indonesia, dan juga setiap maskapai punya ketentuannya sendiri.

“Pilot itu kan berjenjang. Jadi waktu mulai mungkin dia di antara Rp 30-40 jutaan, kalau masih junior. Setelah dia dapat jam terbang, jadi senior, terus jadi co-pilot, jadi captain pilot itu dia akan dapat tambahan,” papar Chappy.

Sebagai informasi, dugaan atas suami Iis Dahlia merupakan pilot pesawat Airbus A330-900 pembawa Harley Davidson dan sepeda Brompton ilegal sudah dikonfirmasi sang diva melalui akun sosial media instagram @isdadahlia.

“Banyak media yang bertanya pada saya perihal apakah betul suami saya yang membawa pesawat yang dari Toulouse ke Jakarta. “Jawabannya iya, dia adalah salah satu crew yang aktif namun jika ada yang ingin ditanyakan lebih dari itu silahkan hubungi pihak berwenang dal hal ini Garuda Indonesia karena bukan kapasitas saya sebagai istri dari suami saya untuk menjawab,” sambung Iis,” kata Iis dalam Instagram stories miliknya, dikutip dari detikHot, Senin (9/12/2019). detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...