Sandi Soroti Akses Transportasi ke Makam Sultan Banten

312

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno berziarah ke makam Sultan Maulana Yusuf saat melakukan kunjungan ke Serang, Banten. Ia mengaku bersyukur diberi kesempatan berziarah ke makam putra dari pendiri Kesultanan Banten, Sultan Maulana Hasanuddin.

“Kami bersyukur bisa ziarah ke makam Sultan Maulana Yusuf Banten di Kota Serang. Seperti kita ketahui bahwa Syekh Maulana Yusuf, Sultan Banten ini adalah sultan kedua yang merupakan salah satu sultan kerajaan Banten yang masyur di masanya,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis.

Sandiaga mengungkapkan pujian kepada Sultan Maulana Yusuf yang berhasil mengembangkan ekonomi Banten tanpa melupakan tugas menyebarluaskan agama Islam.

“Beliau turut mengembangkan dari segi ekonomi. Banten menjadi pusat perdagangan dan menyebarkan agama Islam dengan penuh kedamaian dan keadilan, tentunya Islam yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Di sela-sela berziarah, Sandiaga turut mengatakan makam Sultan Maulana Yusuf bisa menjadi pusat wisata religi di Banten. Namun perlu dilakukan perbaikan dari beberapa aspek, salah satunya akses transportasi.

“Saya melihat wisata religi punya potensi dan perlu dikembangkan. Seperti kita lihat jalan masuknya masih sangat terbatas dan belum dipromosikan sebagai salah satu wisata,” jelasnya.

Pengembangan pemakaman Sultan Maulana Yusuf, lanjut Sandiaga, juga sejalan dengan semangat ekonomi kerakyatan yang ingin ia bangun bersama capres Prabowo Subianto. Menurutnya, dengan pengembangan tersebut secara otomatis akan meningkatkan kondisi masyarakat sekitar dalam aspek ekonomi.

“Dan ini bisa mengangkat wisata religi dan industri halal yang menjadi tumpuan dari Prabowo-Sandi untuk membuka lapangan kerja, membantu masyarakat setempat menikmati kebangkitan ekonomi. Itu yang jadi fokus kita bahwa lapangan kerja harus tercipta dan pemerintah harus hadir untuk membantu mengembangkan situs-situs bersejarah sehingga bisa menggerakan ekonomi lokal,” pungkas Sandiaga.
(mul/mpr) detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...