Sama-sama Antipeluru, Canggih Mobil Jokowi atau Raja Salman?

Raja Salman pakai Maybach S600 Guard, Jokowi pakai S600 Pullman Guard.

532

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Azis al-Saud, bakal menyambangi Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Beragam persiapan terus dikebut jelang kedatangannya. Selama di Indonesia, raja ketujuh Arab Saudi itu akan menggunakan dua mobil yang sengaja diterbangkan ke Tanah Air. Mobil tersebut yakni Mercedes-Benz Maybach S600 Guard.

Mobil itu sangat canggih. Harganya pun fantastis. Ini merupakan mobil sipil pertama yang telah mendapat sertifikasi perlindungan balistik VR10. Tak cuma bodi saja yang dapat memberi perlindungan bagi penumpangnya, baik kaca hingga ban juga sudah didesain anti senapan serbu dan ledakan sekali pun.

Dilansir Business Insider, Maybach S600 Guard memiliki bobot 2.135,059 kilogram. Panjang mobil ini 5.453 milimeter, lebar 1.899 mm, tinggi 1.416 mm, dan wheelbase 3.365 mm. Untuk akselerasi dari nol sampai 80 kilometer per jam, mobil ini hanya butuh waktu 3,9 detik.

Maybach 2015.

Mobil yang digunakan Raja Salman di Indonesia. Foto: Business Insider.

Sementara kecepatan maksimalnya 299,274 kilometer per jam. Menurut Mercedes, perlindungan komprehensif pada Maybach Guard ini harus mampu memberikan tingkat perlindungan yang sama dari ledakan bom, baik di samping, hingga dari kolong mobil.

Lantas, bagaimana dengan mobil Presiden RI Joko Widodo? Jokowi saat ini tercatat menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman lansiran 2008, bekas pemakaian Susilo Bambang Yudhoyono. Dilansir Autoblog, mobil yang dikendarai Jokowi merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7 yang tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan.

Mobil yang digunakan Joko Widodo mengadopsi perlindungan VR9. Perlindungan tersebut yakni, dapat menahan tiga tembakan dari senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperti M16, dan 357 Magnum.

Mobil ini juga dapat memberikan perlindungan tahan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya. Selain pertahanan senjata, S600 yang digunakan Jokowi juga menawarkan langkah-langkah keamanan lebih lanjut, seperti lapisan polikarbonat pada seluruh kacanya agar tidak pecah dan dapat melukai penumpang.

Salah satu anggota Paspampres.Mobil kepresidenan Jokowi dikawal Paspampres. Foto: Antara.

Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tangki bahan bakar 90L, dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela – beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik– serta Panic Alarm System tambahan. Bicara kecepatan, mobil pabrikan Jerman ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab, memiliki kecepatan puncak 210 kilometer per jam dengan GVW 4.200 kilogram | VIVA


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...