Ribuan Mahasiswa Yogyakarta Gelar Aksi Gejayan, Ini Tuntutannya

352

Mereka menyuarakan sejumlah tuntutan terkait rancangan undang-undang yang dianggap kontroversial, di antaranya pengesahan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

1. Demonstran berkumpul di Pertigaan Kolombo

Ribuan Mahasiswa Yogyakarta Gelar Aksi Gejayan, Ini TuntutannyaIDN Times/Istimewa

Pantauan IDN Times di lokasi, massa mulai memenuhi Gejayan sekitar pukul 12.00 WIB. Ada yang berjalan kaki dari titik kumpul di Bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM), barat kampus Sanata Dharma, maupun perempatan Jalan Demangan. Mereka kemudian berkumpul di Pertigaan Kolombo sekitar pukul 14.00 WIB.

2. Protes kepada pemerintah dan DPR atas pengesahan sejumlah undang-undang

Ribuan Mahasiswa Yogyakarta Gelar Aksi Gejayan, Ini TuntutannyaIDN Times/Tunggul Damarjati

Massa yang datang membawa spanduk dan poster bertuliskan aspirasi mereka mengenai pembatalan UU KPK, RUU Pertanahan, Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS), dan RUU KUHP.

Beberapa dari spanduk atau poster berwarna-warni itu berbunyi, “Pak Opo Salah Rakyatmu Iki. Koe Nganti Mblenjani Janji”, “Bebaskan Aktivis Papua”, “Pemerintah Mengkebiri Rakyat”, “Kembalikan Demokrasi Bukan Orde Baru”, dan “Tolak Orba, Jangan Jadi Boneka”.

Orator beberapa kali juga mengajak massa meneriakkan yel-yel. Seperti “Rakyat Bersatu, Tak Bisa Dikalahkan” atau “Kartu Kuning untuk DPR”. Massa juga sempat menyanyikan beberapa lagu kebangsaan seperti “Indonesia Pusaka” dan “Tanah Airku” di sela-sela demonstrasi ini.

3. Demonstrasi berjalan kondusif

Ribuan Mahasiswa Yogyakarta Gelar Aksi Gejayan, Ini TuntutannyaIDN Times/Tunggul Damarjati

Hingga kini, di sekitar Pertigaan Kolombo jalanan telah dikuasai mahasiswa. Namun aksi ini masih berjalan kondusif. Sementara aparat keamanan tampak berjaga-jaga di sekitar lokasi.

idn

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here