RI Beli Lisensi Kapal Fregat Canggih Inggris

263
Prabowo Subianto

LONDON – Indonesia dan Inggris meneken kerja sama pertahanan melalui lisensi desain kapal fregat Arrowhead 140 (AH140), Kamis (16/9). Kesepakatan itu terjalin antara perusahaan dirgantara, pertahanan dan keamanan asal Inggris, Babcock, dan PT PAL Indonesia (Persero). Lisensi desain akan memungkinkan PT PAL untuk membangun dua fregat Arrowhead 140 di Indonesia dengan modifikasi khusus untuk Angkatan Laut Indonesia.

 

Perjanjian tersebut ditandatangani pada acara Defense and Security Equipment International (DSEI) 2021 di London di dalam kapal AL Inggris HMS Argyll, oleh David Lockwood, CEO Babcock, dan Kaharuddin Djenod, CEO PT PAL. Acara ini disaksikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menhan Inggris Ben Wallace.

“Di masa depan kedua angkatan laut kita akan mengoperasikan kapal fregat terkemuka di dunia dan akan bekerna sama erat untuk melindungi kepentingan bersama kita di seluruh dunia,” kata Wallace dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima Republika, Jumat (17/9).

Babcock telah bekerja sama dengan Pemerintah Inggris untuk mempromosikan fregat Arrowhead 140 ke pasar global. Polandia baru-baru ini memilih desain tersebut untuk membangun kapal fregat Miecznik (Swordfish) Angkatan Laut Polandia.

Desain dasar Arrowhead 140 dapat dikonfigurasi untuk memenuhi berbagai persyaratan angkatan laut. Dengan dukungan Babcock, PT PAL sekarang akan merancang modifikasi yang diperlukan untuk mengkonfigurasi Arrowhead 140 untuk Indonesia.

“Hari ini adalah momen yang sangat menarik bagi Babcock dan program ekspor fregat kami, karena kami menandatangani lisensi desain dengan PT PAL untuk dua fregat baru untuk Angkatan Laut Indonesia,” kata Lockwood.

“Bekerja dengan rekan-rekan kami di Indonesia, kontrak ini akan membuat fregat Arrowhead 140 dibangun di Indonesia, oleh tenaga kerja lokal, berkontribusi langsung pada nilai sosial dan ekonomi komunitas pembuat kapal yang berdaulat dan negara secara keseluruhan,” katanya menambahkan.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengungkapkan kegembiraannya menyaksikan penandatanganan kontrak antara Babcock dan PT PAL.

Desain fregat Arrowhead 140, diuntungkan dari bentuk lambung yang telah teruji di lapangan dalam operasi Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), gugus tugas koalisi, hingga operasi regional dan pengerahan nasional. Desain dasar Arrowhead 140 dapat dikonfigurasi untuk memenuhi berbagai persyaratan operasional dan profil fregat global.

Sumber Berita / Artikel Asli : MSN

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here