Rencana dialog pemulangan Habib Rizieq ke RI akhirnya disanggupi HNW

509
Hidayat Nur Wahid

Politisi PKS Hidayat Nur Wahid menyatakan siap memfasilitasi para pengikut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk melakukan dialog dengan para wakil rakyat di DPR RI.

Hal ini berkaitan dengan dialog rencana pemulangan Habib Rizieq Shihab dari Kota Mekah, Arab Saudi ke Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Hidayat Nur Wahid kala disinggung Haikal Hasan agar PKS bisa memfasilitasi diskusi tersebut.

Dalam acara diskusi publik ‘Milad 2 Tahun HRS Center’ bertajuk ‘Pemulangan IB HRS dari Pengasingan Politik’, Minggu, 23 Agustus 2020, Haikal Hasan meminta agar PKS bisa memberi kesempatan kepada para pendukung Habib Rizieq Shihab bisa melakukan dialog dengan Komisi III DPR RI.

Sosok Habibe Rizieq Shihab. Foto: Antara

Usai ‘dicolek’ demikian, wakil ketua majelis syura PKS yang juga wakil ketua MPR periode 2019-2024 ini mengaku bakal siap membantu mengkomunikasikan hal tersebut. Di mana, siap mewujudkan proses komunikasi dan dialog antara pengikut Habib Rizieq Shihab dengan Komisi III DPR RI.

Bukan cuma Komisi III, Hidayat Nur Wahid juga menyatakan siap memberi jalan agar dialog turut bisa dilakukan dengan Komisi I DPR RI. Demikian seperti disitat RMOL.

“Dan untuk Komisi III, Insya Allah kita ikut komunikasikan dengan Komisi III dan Komisi I juga, di Komisi III ada Habib Abubakar Alhabsyi Habib kita juga, Komisi I Insya Allah bagian dari pimpinan Komisi I kawan-kawan dari PKS kita siap Insya Allah,” kata Hidayat Nur Wahid.

Usai mendengar pernyataan Hidayat Nur Wahid, Haikal kemudian menanggapi serius dan menyatakan bakal menindaklanjutinya.

“Nanti surat secara resmi akan kami layangkan. Insya Allah dengan statemen (HNW) ini yang dilihat oleh semua, ini jadi bukti bahwa kita semua mencintai dan menanti negara untuk turut andil untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan,” kata Haikal.

Susah pulang

Diketahui, sudah tiga tahun imam besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) tinggal di Arab Saudi. Ada beragam penjelasan kenapa Habib Rizieq tak kunjung pulang.

Namun, Habib Rizieq Shihab tak kunjung pulang ke Indonesia. Setelah itu, muncul beragam alasan yang menjelaskan kenapa HRS tak kunjung pulang.

Habib Rizieq Shihab.
Habib Rizieq Shihab. Foto: YouTube/Front TV

Salah satu di antaranya karena terkait masalah izin tinggal di Arab Saudi. Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel beberapa waktu lalu mengatakan Habib Rizieq Shihab tak bisa pulang karena tinggal di suatu tempat lebih lama dari masa yang diizinkan (overstay).

“Pertama, karena overstay. Cara penyelesaian ya bayar denda overstay sekitar 15 sampai dengan 30 ribu riyal. Rp110 juta per orang,” kata Maftuh pada Rabu 10 Juli 2019 lalu.

Maftuh mengatakan persoalan pembayaran denda ini merupakan prosedur yang lumrah bagi seseorang yang overstay. Ada puluhan WNI lainnya yang overstay.

Sementara itu, dalam dialog dengan kuasa hukum Habib Rizieq, pihaknya sudah berupaya keluar dari Arab Saudi beberapa kali sebelum masa visanya berakhir. Namun, menurutnya, institusi resmi di Indonesia meminta Imigrasi Arab Saudi mencekal Habib Rizieq hingga kini overstay.

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...