Refly Harun: Habib Rizieq jangan direcokin lagi! biar…

246
Habib Rizieq

Habib Rizieq bakal bebas hari ini. Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Habib Rizieq tetap dihukum 8 bulan dalam kasus kerumunan Petamburan. Nah Habib Rizieq sudah menjalani hukuman itu, sebab dia sudah dikurung sejak 12 Desember 2020. Sudah jalani hukuman, Refly Harun minta Habib Rizieq jangan direcokin lagi lah.

Berkaitan dengan hal itu, Refly Harun meminta Habib Rizieq jangan lagi direcokin hal yang tak produktif lagi lah. Apa maksud saksi ahli untuk kasus Habib Rizieq itu ya.

Harapan Refly Harun soal Habib Rizieq

Refly Harun. Foto: Youtube Refly Harun
Refly Harun. Foto: Youtube Refly Harun

Pakat hukum tata negara, Refly Harun berharap hukuman Habib Rizieq dalam kasus Kerumunan Petamburan dan Megamendung bisa selesai. Dengan Demikian tokoh sentral FPI itu bisa fokus menghadapi banding kasus tes swab di RS UMMI.

Sebagaimana diketahui putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tetap menetapkan Habib Rizieq dihukum 8 bulan, artinya HRS sudah bisa bebas pada Senin 9 Agustus 2021. Dalam kasus Megamendung, HRS cuma dihukum denda Rp20 juta saja.

Nah kecuali, JPU dalam kasus kerumunan Petamburan mengajukan memori kasasi ke Mahkamah Agung. Maka urusannya akan panjang.

Refly meminta JPU menerima putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta itu. Menurutnya itu adalah win-win solution, JPU menerima putusan tersebut.

“HRS mundur beberapa langkah, menjalani hukuman sampai selesai, dan sudah lah HRS tak direcokin dengan hal yang tak produktif. Buat apa JPU melakukan kasasi, dengan demikian konsentrasi tingkat banding (kasus RS UMMI)” kata Refly dalam kanal Youtubenya beberapa hari lalu dikutip Senin 9 Agustus 2021.

Refly berharap pula hakim banding dalam kasus RS UMMI bisa memahami dan mencermati keadilan bagi Habib Rizieq. Dia mengharapkan ketok palu dari hakim banding ini bisa independen penuh. Jangan sampai ada intervensi dalam kasus ini.

HRS bebas

Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.
Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.

Majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur tanggal 27 Mei 2021 Nomor: 221/Pid.Sus/2021/PN.Jkt.Tim yang mana menghukum Habib Rizieq 8 bulan penjara.

Putusan banding kasus HRS itu diketok oleh Ketua Majelis, Hakim Sugeng Hiyanto dengan anggota Tony Pribadi dan Yahya Syam.

“Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Nomor 226/Pid.Sus/2021/PN.Jkt.Tim tanggal 27 Mei 2021 yang dimintakan banding tersebut. Membebankan biaya perkara pada kedua tingkat pengadilan kepada Terdakwa yang pada tingkat banding ditetapkan sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah)” ucap Hakim Ketua Sugeng membacakan putusan dengan nomor 173/PID.SUS/2021/PT DKI dikutip dari laman Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, 4 Agustus 2021.

Dalam kasus Petamburan, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis HRS hukuman kurungan 8 bulan. Tuntutan JPU dalam kasus ini, HRS dipenjara 2 tahun.

Sedangkan untuk kasus Megamendung, majelis hakim menghukum HRS dengan pidana denda Rp20 juta. Sedangkan JPU dalam kasus ini meminta hakim menghukum HRS penjara 1 tahun dan denda Rp50 juta.

Nah kalau dua kasus ini yak diperpanjang oleh JPU, maka Habib Rizieq kini fokusnya tinggal soal banding kasus tes swab di RS UMMI Bogor. Dalam kasus ini hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Habib Rizieq penjara 4 tahun.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here