Rebutan Suara Milenial, SMRC: Prabowo Unggul di Kota, Jokowi di Desa

1040
Prabowo SUbianto - Jokowi

JAKARTA– Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno dan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin saling berebut suara dari generasi milenial dalam Pilpres 2019. Kedua pasangan ini memiliki keunggulan di wilayah masing-masing.

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengungkapkan, sebagian besar pengguna internet aktif merupakan generasi milenial. Pengguna terbesar ada di perkotaan, karena di pedesaan masih minim fasilitas. Misalnya dari sisi kecepatan akses internet.

“Pengguna internet di pedesan saat ini 27 persen, pengguna internet di perkotaan itu lebih dari 50 persen. Artinya pengguna internet di perkotaan lebih banyak,” ujar Djayadi dalam acara Ngaji Politik bertajuk, Pilpres dan Perebutan Suara Generasi Milenial di Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Menurutnya, ada tiga kategori generasi milenial. Pertama, milenial muda yang berusia di bawah 20 tahun. Kedua, milenial muda dewasa yang berusia di bawah 30 tahun. Ketiga, milenial dewasa yang berusia 30 tahun ke atas.

“Karena milenial pemilihnya menurut data yang saya punya 55 persen. Jadi tidak bisa diabaikan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, semakin tinggi pengguna internet aktif kecenderungannya semakin menguatkan dukungan Prabowo-Sandiaga Uno. Maka, itu generasi milenial pendukung Prabowo-Sandiaga lebih banyak di perkotaan.

Sebaliknya, generasi millennial Jokowi-Maruf Amin lebih banyak di pedesaaan. “Kenapa begitu? Karena ada fenomena makin sering menggunakan internet kencendurungan menguat kepada dukungan ke Prabowo,” katanya. , iNews.id

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here