Protes AS, Warga Turki Hancurkan Iphone

115
Protes AS, Warga Turki Hancurkan Iphone

Bentuk aksi protes terhadap Amerika Serikat ditampilkan warga Turki lewat membakar serta menghancurkan gadget Iphone mereka. Aksi itu terekam video dan viral di media sosial akhir-akhir ini.

Mengutip laman Time, seorang warga Turki mengumpat Presiden AS Donald Trump akibat kebijakan menaikkan dua kali lipat tarif impor produk besi dan aluminium asal Turki.

“Emang Anda siapa, menurut Anda?” kata Pria tersebut dalam video lalu mengambil lima buah Iphone dan dihancurkannya dengan martil.

Video lain menunjukkan seseorang menembak Iphone dari jarak dekat dengan pistol. Ada juga video yang menunjukkan seseorang menghancurkan Iphone dengan tangan kosong, berbagai benda tumpul, bahkan dibakar dengan api.

“Jika Anda mengancam kami dengan kelaparan, Anda hanya akan membuat kami tertawa,” kata pria dalam video tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumya memberikan seruan kepada masyarakat Turki untuk memboikot produk Apple.

Hal itu sebagai aksi balasan terkait kebijakan Trump. Sebab, kebijakan Trump yang menaikkan tarif besi dan aluminium asal Turki berdampak pada merosotnya nilai tukar mata uang lira terhadap dolar AS.

Presiden Erdogan kemudian menyatakan tidak akan membebaskan pendeta asal AS, Andrew Brunson. Trump geram dan mengancam akan menambah sanksi ekonomi kepada Turki. Erdogan justru menyatakan akan melanjutkan serangan balasan tetap menyeru masyarakat memboikot produk AS.

“Jika mereka (AS) memiliki Iphone, ada Samsung di sisi lain. Dan, kami memiliki Venus dan Vestel kami, ” ujar Erdogan. [rmol]

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.