Prabowo Menang di Survei Internal, TKN: Beda dari Lembaga Independen

406

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) mengklaim elektabilitas pasangan Prabowo-Sandiaga unggul atas pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam survei internal. Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan survei internal memang harus sesuai dengan keinginan si empunya.

“Hasil survei internal tentu sesuai dengan keinginan,” kata anggota Tim Penugasan Khusus TKN, Nusyirwan Soejono, kepada wartawan, Senin (11/3/2019).

 

Nusyirwan mengatakan survei internal paslon mempunyai tujuan yang berbeda dengan survei oleh lembaga independen. Menurut dia, justru aneh jika survei internal tidak sesuai dengan harapan paslon tersebut.

“Antara survei internal dan survei yang dilakukan lembaga survei independen tentu sangat berbeda tujuan. Aneh kalau survei internal tidak memberikan semangat kepada internal yang bersangkutan. Seperti survei yang dilakukan pihak capres Prabowo, tentu akan keluar angka lebih tinggi meskipun mepet,” ujarnya.

Dia menyebut lembaga survei independen mempunyai kredibilitas dan dapat dipercaya. Berdasarkan survei tersebut, Nusyirwan menyebut paslon Jokowi-Ma’ruf unggul atas Prabowo-Sandiaga.

“Berbeda dengan lembaga survei independen, yang tentu akan menjaga kredibilitas kepercayaan selama mungkin (SMRC, Litbang Kompas, LSI dll), hasil survei terakhir lembaga-lembaga tersebut semuanya memenangkan capres Jokowi dengan selisih rata-rata di atas 20 persen,” imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, BPN menjelaskan hasil survei internalnya yang menunjukkan keunggulan tipis atas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Elektabilitas Prabowo-Sandi 48 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf 46 persen.

“Jadi begini, hasil surveinya 48 (persen) Prabowo, 46 (persen) Jokowi,” kata juru bicara BPN Andre Rosiade kepada wartawan.

Andre mengatakan survei tersebut dilaksanakan pascadebat kedua pada 17 Februari 2019. Menurut Andre, hasil tersebut didapatkan dari 2.000 responden yang tersebar secara nasional. detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...