PPKM Diperpanjang, Jokowi Tingkatkan Bansos dan Izinkan Usaha Mikro Buka Sampai Jam 9 Malam

197
Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sampai dengan tanggal 2 Agustus 2021.

Kendati demikian, berdasarkan pertimbangan perekonomian dan kesehatan, Jokowi lantas berjanji akan meningkatkan bantuan sosial serta memberikan kemudahan untuk usaha kecil buka sampai pukul 21.00 malam.

Kendati demikian, Jokowi tetap menegaskan agar penerapan protokol kesehatan secara ketat menjadi syarat kepada para pemilik usaha mikro untuk tetap buka.

 

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan kecil, dan usaha kecil lainnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00,” ucap Jokowi dikutip dari Okezone.

Jokowi kemudian mengatakan bahwa untuk penerapan secara teknis akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengaturnya.

 

Seperti sebelumnya, pemerintah telah menggulirkan beragam jenis bantuan sosial (bansos) saat PPKM Darurat yang akan dilaksanakan selama dua minggu ke depan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati diketahui telah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,1 triliun untuk memperpanjang program bantuan sosial tunai (BST).

Selanjutnya, pemerintah juga memutuskan akan memperpanjang diskon tarif listrik untuk golongan 450 VA dan 900 VA bersubdisi.

Sementara itu, dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2021 diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka membantu masyarakat dengan taraf ekonomi menengah ke bawah yang terkonfirmasi terdampak berat Covid-19.

Adapun BLT tersebut akan ditargetkan kepada 8 juta penerima masyarakat menengah ke bawah dengan besaran Rp300.000 per kelompok penerima per bulan dengan total proyeksi sebesar Rp28,8 triliun anggaran.

Sumber Berita / Artikel Asli : Terkini

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here