Polisi Pastikan Foto Pria Pakai Pin Palu Arit di Debat Pilpres Hoaks dan Editan

298

Perhelatan debat Pilpres ke-4 meninggalkan cerita yang membuat heboh media sosial. Debat yang dilaksanakan pada Sabtu (30/3/19) itu diwarnai oleh beredarnya foto seorang pria, yang mengenakan pin berlogo palu arit di topinya. Pria berkumis itu mengenakan topi dan jaket hitam bergambar Jokowi 01 Amin.

Menanggapi hal tersebut, Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menegaskan, logo PKI yang beredar di debat ke-4 Sabtu lalu merupakan logo editan.

Dedi mengatakan, foto yang telah diedit itu diduga sengaja disebar oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, agar suasana di masyarakat kisruh.

“Mengenai itu logo (palu arit) hoaks, hasil editan itu,” ujar Dedi, Rabu (3/4/19).

Dedi mengatakan, jelang Pemilu memang sejumlah isu ramai dimainkan dan digoreng oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar lebih cerdas lagi menggunakan media sosial.

“Kita imbau masyarat agar lebih cerdas lagi menggunakan media sosial, kalau bisa konfirmasi kebenarannya,” tuturnya.

Seperti diketahui, beredar foto seorang pria yang menggunakan jaket bertuliskan Jokowi-Maruf mengenakan topi bowler berlogo palu arit. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh mantan Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal (Purn) Johannes Suryo (JS) Prabowo melalui akun jejaring sosial Twitter miliknya @marierteman.

Ada empat foto yang diposting JS Prabowo, pertama memperlihatkan pria itu sedang menelpon seseorang di dalam ruangan. Foto kedua fokus ke topi pria itu, di topi tersebut terdapat pin mirip logo PKI yakni palu arit.

Foto ketiga memperlihatkan bagian belakang pria dan terdapat tulisan Jokowi 01 Amin di jaket yang dikenakan pria itu. Foto keempat memperlihatkan pria itu duduk di dalam ruangan, diduga lokasi debat capres 2019. (fhr) telusur

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here