Pesan Roy Suryo untuk pembuat teks pidato Jokowi: Salah kaprah pakai istilah teknis

399
Roy Suryo

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mengomentari pidato Presiden Jokowi pada 14 Agustus lalu. Menurutnya, ada kesalahan penggunaan istilah teknis dalam pidato berdurasi hampir 30 menit tersebut.

Pasalnya, Jokowi menggunakan perumpamaan “komputer hang” untuk menggambarkan kondisi ekonomi saat pandemi Covid-19.

“Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan restart, harus rebooting,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi di istana Bogor, Jawa Barat. Foto Instagram @jubir_presidenri

Menanggapi hal ini, Roy Suryo yang juga merupakan Pemerhati Multimedia & Telematika ikut berkomentar melalui akun Twitternya. Menurutnya, komputer hang tidak cukup di-restart atau di-rebooting saja, melainkan harus dianalisis dulu apa penyebabnya.

“Komputer hang harusnya bukan sekedar di-restart/re-booting, tetapi dianalisis dulu penyebabnya, jangan sampai makin parah jika asal-asalan, mirip-mirip ramalan Rangga Sasana saja,” tulisnya sambil berkelakar pada Sabtu, 15 Agustus 2020.

Tak hanya itu, Roy juga mengaku tersenyum saat mendengar istilah komputer hang yang digunakan oleh Jokowi.

Ia juga memberi saran untuk pembuat teks pidato Presiden Jokowi. Menurutnya, pembuat teks pidato harus lebih cermat. Jangan sampai Presiden dijadikan bahan olok-olokan berbagai kalangan karena penggunaan istilah teknis yang salah.

https://twitter.com/KRMTRoySuryo2/status/1294624129518145538?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1294624129518145538%7Ctwgr%5E&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.hops.id%2Fpesan-roy-suryo-untuk-pembuat-teks-pidato-jokowi-salah-kaprah-pakai-istilah-teknis%2F

Menanggapi komentar Roy Suryo, warganet terbagai menjadi dua kubu, yaitu pro dan kontra. Meski banyak yang sependapat dengan Roy Suryo, namun tak sedikit juga yang berada di pihak Jokowi.

Dilansir dari Suara, Ananda berkomentar, “Bener banget. Tapi ini hang-nya karena kemasukan virus, Pak. Jadi virusnya kayaknya harus di-delete dulu kali ya, kalau nggak, percuma aja reboot, ya nanti hang lagi, reboot lagi hang lagi … “

Secara keseluruhan, ada beberapa poin yang disampaikan oleh Jokowi melalui pidatonya, yaitu tentang kondisi ekonomi, pangan dan energi, investasi dan tenaga kerja, serta hukum dan demokrasi.

Sebelumnya, beberapa tokoh ternama juga ikut memberi komentar mengani pidato presiden, di antaranya Ananda Sukarlan hingga Rizal Ramli.

Jokowi sendiri hadir dengan mengenakan pakian adat Nusa Tenggara Timur. Kondisi pandemi yang melanda dunia menjadi highlight utama dari pidatonya.

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...