Pesan Masinton ke Artis: Jangan jadikan Legislator sebagai Side Job!

214
Tina Toon

Fenomena artis menjadi anggota DPR kembali marak di Pileg 2019. Dari 16 partai politik peserta pemilu, setidaknya tercatat lebih dari 60 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) berlatar belakang selebritis.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu memiliki pandangan tersendiri terhadap artis yang masuk parlemen. Menurutnya, beberapa di antara mereka tidak menunjukkan kerja serius.

Anggota DPR dari kalangan artis, lanjutnya, juga sering mengesampingkan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

“Saya lihat sedikit tingkat kehadirannya, sedikit sumbangsih pemikirannya, kemudian sedikit ikut proses pembahasan merancang undang-undang, lebih menyerahkan ke Ketua Komisi, dia tinggal mengumumkan doang,” ungkap Masinton di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7).

Kinerja anggota DPR seperti ini lantas dikritik pedas oleh Masinton. Menurutnya ketika seorang artis atau profesional apapun memutuskan menjadi wakil rakyat, maka pekerjaan lamanya harus ditinggalkan. Tanggung jawab utama mereka saat ini tak lain menjadi wakil rakyat.

“Ketika sudah masuk di partai politik, ikut kontestasi dan kalau terpilih, dia harus menyesuaikan dan meninggalkan semua profesi yang sudah digeluti sebelumnya. Jangan DPR jadi sampingan,” sambungnya.

Lebih lanjut Masinton mengatakan, negara telah memberikan fasilitas kehidupan bagi anggota DPR sebaik mungkin. Sehingga jika masih ada orang yang menjadikan pekerjaan itu sebagai sampingan, Masinton meminta rakyat tidak memilih figur tersebut pada Pileg 2019.

“Negara sudah memberikan semua fasilitas kepada anggota legislatif. Jadi, jangan dijadikan sampingan. Kalau dijadikan sampingan, jangan dipilih,” pungkas Masinton.

(sat/JPC)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.