Penyidik Nonaktif Kabarkan Keberadaan Harun Masiku di Indonesia, KPK Angkat Suara

311
Ilustrasi Harun Masiku. Foto: Dok: Maulana Saputra/kumparan.

Tersangka kasus dugaan suap penetapan Anggota DPR RI 2019-2024, Harun Masiku dikabarkan tidak ada di luar negeri melainkan di Indonesia.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun angkat suara terkait kabar keberadaan mantan Caleg PDIP Harun Masiku di Indonesia.

“Kami sampaikan bahwa KPK masih terus bekerja serius dan meminta bantuan ke berbagai institusi di dalam maupun luar negeri yuntuk mempercepat pencariannya,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, dikutip dari Antara, Senin 6 September 2021.

Kabar keberadaan Harun Masiku di Indonesia didapat dari pernyataan penyidik KPK nonaktif Ronald Sinyal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Ronald Sinyal mengatakan Harun Masiku ada di Indonesia pada Agustus 2021.

Namun, Ali Fikri meminta pihak manapun untuk tidak ‘menebak-nebak’ soal keberadaan Harun Masiku dan meminta agar segera melaporkan kepada KPK atau penegak hukum lainnya.

“Bukan justru meniup isu yang berpotensi jadi polemik dan kontraproduktif dalam upaya penangkapan DPO yang dimaksud,” katanya.

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mencurigai pihak KPK memang sengaja lamban dalam menangkap Harun Masiku, apalagi harus menunggu perintah atasan terlebih dulu.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron langsung membantah tudingan tersebut, dan menyebut pihak KPK dan kepolisian tak harus menunggu perintah dari atasan.

“Tidak benar penangkapan itu menunggu perintah lisan atau apapun, karena sejak kami perintahkan untuk penangkapan dan jadi DPO, itu mengandung perintah hukum pada kepolisian manapun dan KPK untuk menangkap di mana posisinya,” ujar Ghufron, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari YouTube Karni Ilyas Club pada Senin, 30 Agustus 2021.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here