Penumpang Pesawat Pembawa Ratusan Proyektil di Surabaya Jadi Tersangka

434

Polda Jawa Timur menetapkan seorang penumpang pesawat berinisial SP (36) yang kedapatan membawa ratusan butir proyektil senjata api berbagai sebagai tersangka. SP ditangkap saat turun dari Bandara Juanda, Surabaya, pada Sabtu (23/2).

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, SP ditetapkan sebagai tersangka karena sudah mengakui ratusan butir proyektil tersebut adalah miliknya.

“Saat ini untuk tersangka sudah menjalani proses hukum oleh Polres Sidoarjo. Sudah dilakukan penyidikan dan penahanan,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Dedi mengungkapkan, SP memperoleh ratusan proyektil dengan cara membelinya saat berlibur ke luar negeri. Pelaku diketahui sebelumnya mengaku pulang dari Taiwan dan sempat transit di Singapura, sebelum tiba di Surabaya.

Polisi sampai saat ini masih mendalami motif tersangka membawa ratusan butir proyektil tersebut.

“Dari hasil keterangan tersangka, (ratusan butir proyektil) itu akan dirakit kembali. Kemudian untuk kepentingan yang bersangkutan untuk berburu. Itu masih didalami,” jelas Dedi.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Dedi juga memastikan bahwa SP bukanlah anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) sebagaimana yang diakuinya saat dilakukan penyelidikan.

“Dari hasil sementara pengakuan tersangka seperti itu. Tapi dari hasil pengecekkan, tidak terdaftar (di Perbakin). Yang bersangkutan sebagai anggota klub menembak. Saat ini masih didalami Polres Sidoarjo” jelasnya.

SP merupakan penumpang pesawat China Airlines CI-751 yang terbang dari Taiwan, lalu sempat transit di Singapura sebelum kemudian mendarat di Bandara Internasional Juanda, pada Sabtu (23/2) sekitar pukul 23.00 WIB.

Ia ditangkap karena membawa ratusan proyektil senjata api berbagai jenis ketika dilakukan pemeriksaan sinar-X.

Petugas juga menemukan lima bungkus mencurigakan berbalut isolasi warna putih yang ditempatkan di antara tumpukan baju di dalam koper. Setelah dibongkar, lima bungkusan itu berisi total 400 butir proyektil dan bagian senjata api berbagai jenis. kumparan

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...