Pengamat Sebut Jokowi akan Berikan Tahtanya pada Ganjar: Seperti Sejarahnya Hadiwijaya

301
Jokowi dan Ganjar /Tribun

Peneliti Indonesia Political Opinion (IPO) Catur Nugroho menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan tahtanya sebagai presiden kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seperti kisah dari sejarah Kerajaan Pajang yang dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya pada tahun 1549-1582.

Menurut pengamatannya, saat ini keluarga dari Jokowi hampir mirip dengan kisah dari kerajaan Hadiwijaya yang saat ini disebut Kartosuro.

Catur menjelaskan bahwa menurut sejarahnya, Hadiwijaya memiliki anak dan menantu sebagai seorang Adipati, atau setingkat dalam bupati/walikota.

Hal itu tercermin dari anak presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution yang mengikuti jejaknya sebagai Wali Kota Solo dan Medan.

“Keluarga Jokowi ini seperti sejarahnya Hadiwijaya, Sultan Pajang yang sekarang Kartosuro,” ucap Catur dikutip terkini.id dari genpi, Senin, 9 Agustus 2021.

Selanjutnya, menurut kisah tersebut, Sultan Hadiwijaya memberikan tahta kepada anak angkatnya Sutawijaya (Panembahan Senopati).

Dengan begitu, menurut analisis Catur, Jokowi tidak akan langsung mengangkat anak dan menantunya sebagai penerus.

Hal itu lantaran sampai saat ini, kedua orang tersebut masih berstatus sebagai Wali Kota.

Maka dari itu, menurutnya Jokowi kemungkinan besar akan memberikan tahta presidennya kepada Gubernur Jawa Tengah saat ini, yakni Ganjar Pranowo.

Sebab, nama Ganjar Pranowo saat ini tengah naik dan bahkan masuk dalam survei elektabilitas Presiden pada Pilpres 2024 nanti.

“Kalau saya analogikan, Ganjar nanti yang jadi Sutawijaya meneruskan tahta Jokowi,” tutur Catur.

Dalam rangka mendukung apa yang dikatakannya, Catur pun menyoroti beberapa kasus di mana Jokowi terlihat mendukung sosok Ganjar dalam beberapa kesempatan.

Sumber Berita / Artikel Asli : Terkini

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here