Penegakan HAM Pemerintahan Jokowi Lebih Parah Ketimbang Era SBY

314

JAKARTA – Penegakan hak asasi manusia di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai jauh lebih baik ketimbang era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Humas IKADIN Erwin Natosmal Oemar, dalam diskusi bertajuk “Membedah Program Hukum, HAM, Anti Korupsi Capres 2019 – 2024”, di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (13/1/2019).

“Dalam soal penegakkan HAM ada problem serius, perlindungan terhadap HAM lebih buruk di jaman Jokowi dari SBY,” kata Erwin.

Karena itu, pihaknya menilai bahwa ada problem serius dalam pemerintahan saat ini.

“Soal penegakkan HAM ada problem serius. Perlindungan, penghormatan dan penegakkan HAM di zaman Jokowi lebih buruk dibandingkan zaman SBY,” kata Erwin.

Akan tetapi, lanjut Erwin, berbagai trend indikator negara hukum lainnya di bawah kepemimpinan Joko Widodo malah mengalami tren kenaikan.

Seperti ketaatan pemerintah terhadap hukum, legalitas formal, kekuasaan kehakiman yang merdeka dan akses terhadap keadilan.

Hanya saja, untuk urusan penegakan HAM, mengalami penurunan.

Padahal, dalam lima prinsip negara hukum, HAM menjadi prinsip kunci. Pasalnya, penegakan HAM menjadi prinsip fundamental dalam hukum.

“Padahal dalam prinsip negara hukum itu adalah HAM,” jelas Erwin.

(jpg/ruh/pojoksatu)

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...