Pemprov DKI Biayai Ratna ke Chile, Hanura Singgung Penderekan Mobil

165
Aktivis Ratna Sarumpaet dianiaya orang tak dikenal pada 21 September lalu di Bandung, Jawa Barat. (Detikcom/Muhammad Ridho)

Jakarta – Hanura menilai pemberian dana kepada Ratna Sarumpaet untuk mengikuti acara di Chile adalah hal biasa. Alasannya, pemberian dana itu merupakan tindak lanjut dari proposal yang diajukan Ratna.

“Ratna inilah yang mengajukan proposal, bukan ditugaskan, lo. Jadi kami dari Hanura melihat itu biasa saja. Siapa pun, organisasi apa pun yang minta perencanaan ke pemda DKI, apakah itu dana hibah segala macam, kalau setelah diteliti itu bisa direkomendasi, bisa ditindaklanjuti, kan. Nggak ada masalah menurut saya,” kata Sekretaris Fraksi Hanura DPRD DKI Veri Yonnevil kepada detikcom, Jumat (5/10/2018) malam.

Dia menduga pemberian bantuan itu juga tak lepas dari balas budi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Ratna, yang mendukungnya di Pilkada DKI. Veri kemudian mengungkit soal mobil Ratna yang dikembalikan meski sempat diderek oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Kalau politik balas budi itu sah-sah saja, dan itu pasti, karena beberapa bulan lalu, ketika mobilnya diderek, karena dia telepon Anies, mobilnya langsung nggak diderek, dikembalikan,” ucapnya.

Ratna rencananya mengikuti acara Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Chile. Namun dia tak jadi berangkat karena diamankan polisi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum take off terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax untuk keonaran.

Keberangkatan Ratna itu disponsori oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta atas disposisi Anies. Ratna diberi akomodasi, tiket, dan uang saku senilai Rp 70 juta.

Pembiayaan itu kemudian dinilai oleh PKB DKI sebagai balas budi Anies kepada Ratna, yang pernah menjadi timsesnya. “Ya itu nggak anehlah. Karena kan bagian dari balas jasa Gubernur. Kan dulu Ratna bagian dari pendukung Anies,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Hasbiallah Ilyas.

Anies menyatakan Pemprov mensponsori Ratna ke Chile sebagai bentuk dukungan ke seniman. Dia pun menepis pembiayaan tersebut sebagai balas budi ke Ratna.

“Tidak (balas budi). Pemprov mendukung seniman-seniman yang berangkat ke luar negeri. Semua pakai aturan. Dalam beberapa bulan terakhir, kita mengirim banyak seniman ke luar negeri, agar bisa mewarnai kancah seni dunia,” kata Anies di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/10). detik

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here