Pemerintah Indonesia Memutuskan Tidak Memberangkatkan Jemaah Haji Tahun 2020

1759

Repelita.com : Pemerintah Indonesia telah memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji 2020 ke Arab Saudi di tengah pandemi Covid-19. Keputusan ini diambil karena Pandemi Covid-19 global belum berakhir.

“Berdasarkan kenyataan itu pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan haji pada tahun 2020 atau 1441 hijriah ini,” kata Menag Fachrul Razi dalam keterangannya di Kementerian Agama, Selasa (2/6/2020).

“Keputusan ini telah dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama RI No. 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H / 2020 M,” ujar Menang Fachrul.

“Sungguh ini adalah pilihan yang sulit, namun risiko keselamatan dan kesehatan warga menjadi prioritas negara di tengah pandemi Covid-19 ini. Ini adalah keputusan yang tepat bagi kemaslahatan bersama,” tambah Menag Fachrul.

Menang Fachrul mengatakan keputusan tersebut diambil berdasar hasil kajian dengan sejumlah pihak. Pemerintah Indonesia sebelumnya memutuskan untuk menunggu kejelasan dari Saudi sebelum menentukan sikap terkait haji tahun ini.

Awalnya, Indonesia memberi waktu hingga akhir April bagi Saudi. Namun hingga 29 April 2020, Saudi tak kunjung memberi kabar. Kemenag pun mengundur batas waktu hingga akhir Mei 2020. Hal yang sama pun terjadi, hingga saat ini belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi tentang Penyelenggaraah Haji 2020. (DH/MTD)

Simak selengkapnya melalui video Kompas TV berikut ini :

Sumber : CNN Indonesia, Kompas TV | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...