Pasca Gempa, DPR Usulkan Ibukota Sulteng Dipindah

261

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengusulkan adanya perpindahan ibu kota Sulawesi Tengah setelah penanganan bencana di Palu dan Donggala selesai.

Hal tersebut ia usulkan karena khawatir jika ibu kota Sulawesi Tengah tetap di Palu, kejadian yang sama akan terulang kembali.

“Jika diteruskan ibu kota di situ, saya khawatir akan terulang kembali pada masa yang akan datang,” kata Ali di Ruang Diskusi Media Center DPR RI, Jakarta, Selasa (9/10).

Usulan tersebut diakuinya muncul setelah melihat tinjauan struktur tanah di wilayah kota Palu yang berlumpur sehingga mengakibatkan keadaan tanah di tempat menjadi amblas.

“Jika kita mencermati informasi itu maka posisi Palu itu kan di teluk, tempat menampung air. Kemudian tanahnya itu berlumpur dan kemudian lumpur itu kedalam,” paparnya.

Lanjutnya, usulan tersebut diajukan berdasarkan aturan undang-undang nomor 26 tentang tata ruang.

“Kesadaran ini muncul pada saat posisi rehab rekonstruk, nanti itu di bicarakan secara matang oleh pemerintah agar Palu ini di relokasi dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.

Kendati demikian, Ali meduga selama ini ada sesuatu yang disembunyikan. Terlihat dari pemerintah yang selama ini mengundang investor tetapi tidak transparan hasil dari undangannya itu.

“Pemerintah selama ini mengundang investor. itu kan sebenarnya ada yg tersembunyi, yaitu tidak di informasikan mengenai kondisi geologi yang ada disana. Kondisi geografik, tata kelembaman tanah dan seterusnya,” pungkasnya.

Selebihnya ia serahkan kepada ahlinya. Tetapi menurut kacamata Ketua Komisi VIII tersebut dirinya ingin supaya rakyat yang terdampak hidup dengan tenang dalam jangka panjang.

Dengan demikian ia merencanakan besok akan bertemu dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk membicarakan usulannya tersebut.

“Maka besok ini, Insyallah kita akan merekomendasikan supaya BNPB sebagai mitra kerja komisi viii membicarakan dengan pemerintah khususnya dengan perupera dan juga kementrian terkait khususnya dengan persediaan supaya ini betul-betul dipertimbangkan,” tutupnya.[] akurat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here