Panas, KPK Sinyalkan ‘Garap’ Yasonna Laoly Soal Harun Masiku

328
Plt Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mensinyalkan bakal ‘menggarap’ Menkumham Yasonna Laoly.

Hal itu terkait dugaan merintangi penyelidikan kasus yang menyerat Harun Masiku yang sampai saat ini masih buron dan tak diketahui keberadaannya.

PLt Jurubicara KPK, Ali Fikri menyatakan, pihaknya saat ini tengah menganalisis laporan yang dilayangkan sejumlah masyarakat pemerhati antikorupsi beberapa waktu lalu.

“Laporan ICW, itu sedang dianalisa. Proses berjalan. Sudah dikaji, kemudian sedang dianalisa,” terangnya di di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020) malam.

Laporan terhadap Yasonna Laoly itu sendiri sudah diterima Direktorat Pengaduan Masyarakat (Dumas).

“Laporan dari Dumas. Informasi terakhir dari Dumas sedang dilakukan analisa lebih lanjut terkait laporan-laporan itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly tak mempermasalahkan pelaporan atas dirinya ke KPK.

Menurutnya, pelaporan merintangi penyelidikan atas kasus suap pergantian antar waktu anggota DPR RI Fraksi PDIP tersebut adalah hak masyarakat.

“(Pelaporan) itu sah sah saja. Itu wajar-wajar saja itu. Kan mereka belum tahu bagaimana (persoalannya),” kata Yasonna di Jakarta, Senin (27/1).

Sebelumnya, Yasonna juga mencopot Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronni F Sompie karena dianggap bertanggungjawab atas misinformasi kepulangan Harun Masiku dari Singapura.

Yasonna menganggap, akibat kesalahan sistem itu, membuat proses hukum terhadap Harun Masiku menjadi terhambat.

“Memang kesalahan data, yang karena kesalahan teknis. Karena kan sistem (manajemen) informasi keimigrasian itu (masih) versi satu, yang dibuat tahun 2008,” katanya.

(jpg/ruh/pojoksatu)

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...