Panas Debat Capres Soal Tentara Dibawa ke Kampanye Terbuka

442

Jakarta – Isu soal tentara dalam sesi debat tema pertahanan belum selesai dibahas. Panas di panggung debat semalam, kini dibawa ke kampanye terbuka oleh capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

Isu soal tentara ini pertama kali dibahas pada debat antarcapres putaran keempat, Sabtu (30/3). Capres 02 Prabowo Subianto awalnya menepis paparan teknologi pertahanan yang disampaikan Jokowi di panggung debat. Menurut Prabowo, Jokowi hanya mendapatkan laporan ABS alias ‘asal bapak senang’.

Dari pernyataan itu, Jokowi menimpali dengan mengatakan capres 02 tak percaya dengan TNI. “Saya melihat Pak Prabowo tidak percaya pada TNI kita,” ujar Jokowi di atas panggung debat di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Jokowi mengaku melihat langsung bagaimana pembangunan Armada 3 yang diperintahkannya berlangsung. Kekuatan pertahanan TNI, disebut Jokowi, mampu mendeteksi serangan dari berbagai bidang.

“Saya yang sipil, saya sangat percaya pada TNI yang kita miliki karena misalnya saya di Natuna, saya lihat sendiri dibangun, saya cek di Sorong, ada barangnya,” kata Jokowi.

Balasan Jokowi itu rupanya memantik emosi Prabowo. Capres 02 itu menegaskan dirinya merupakan sosok TNI. Dia juga mempertaruhkan nyawa saat berdinas di militer.

“Kalau ada armada asing masuk ke laut kita, apa yang kita bisa buat, jadi bukan saya tidak percaya. Saya TNI, Pak, saya pertaruhkan nyawa di TNI, saya lebih TNI dari banyak TNI,” kata Prabowo.

Prabowo juga ‘menyentil’ penasihat militer Joko Widodo. Dia juga mempertanyakan alutsista yang dimiliki Indonesia.

“Pak Jokowi tolong penasihat militernya, bukannya saya tidak percaya sama TNI. Kapal selam berapa yang kita miliki, jenis berapa, kemampuannya berapa. Pesawat berapa, kita negara seluas Eropa, berapa skuadron fighters yang kita punya, peluru kendalinya berapa,” tuturnya.

Usai debat spal tentara di panggung debat. Jokowi kembali mengungkit di kampanye terbuka. Pada kampanye akbar terbuka di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulsel, capres petahana itu meminta tak boleh ada pihak yang meremehkan TNI.

“Tadi malam di debat saya sampaikan, saya ini 100 persen sangat percaya pada TNI kita,” kata Jokowi di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulsel, Minggu (31/3/2019).

Jokowi kemudian menjabarkan singkat kualitas TNI dibanding tentara di negara lain. Untuk ASEAN, kata dia, TNI menempati peringkat pertama.

Capres 01 ini juga menyebut TNI disegani di tingkatan dunia. Karena itu, dia meminta tak ada siapapun yang boleh meremehkan aparat keamanan di Republik Indonesia itu.

“TNI kita nomor 5 kekuatan di Asia. Artinya TNI kita kuat sekali. Dan di dunia nomor 15 kekuatannya. Jadi jangan ada yang meremehkan TNI kita!” tegas Jokowi. detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...