Paloh: Mau 100 Persen Menteri dari Parpol atau Profesional, Itu Hak Presiden

258

Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, tidak mempersoalkan berapa pun komposisi anggota kabinet Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Menurut dia, semua itu adalah hak presiden.

Soal gagasan Presiden Jokowi menetapkan porsi 45 persen menteri dari parpol, dia menilai keputusan itu patut diapresiasi. “Kalau itu yang terbaik bagi Presiden ya bagus saja, dan kami dukung,” kata Surya Paloh di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Terkait hal ini, Jokowi mengatakan sudah rampung menyusun kabinet untuk periode 2019-2024. Dia menyebut akan menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan komposisi kabinet.

Jokowi juga menuturkan kabinet kerja jilid II akan diisi 45 persen dari kalangan partai. Kemudian, 55 persen akan diisi oleh profesional nonparpol.

Dua hari yang lalu, Paloh menyampaikan tidak mau ambil pusing soal komposisi nama-nama menteri yang ada di kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, komposisi kabinet merupakan sepenuhnya hak prerogatif presiden.

“Bagaimana pun komposisinya. Mau 25 persen, 35 persen, 50 persen, 100 persen dari kalangan parpol atau profesional, itu semua hak prerogatif presiden,” tutur Paloh usai memberikan kuliah umum kebangsaan di Kampus Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI), Jakarta. (Aza) indonesiainside

Comments

comments

Loading...