Oposisi Turki : “Turki Harus Mendukung Integritas Teritorial Iran”

136

Repelita.com : Pemimpin Partai Gerakan Nasionalis Oposisi Turki (MHP), Devlet Bahceli mengatakan bahwa Turki harus menunjukkan dukungan yang jelas terhadap kesatuan politik Iran dan integritas teritorialnya.

Devlet Bahceli mengecam AS dan Israel karena mendukung demonstrasi anti-pemerintah baru-baru ini di Iran. Bahceli mengatakan hal tersebut adalah urusan dalam negeri Iran.

“Turki harus mendukung kesatuan politik dan integritas teritorial Iran,” kata Bahceli pada pertemuan kelompok parlementer partainya, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, (9/1/18).

Bahceli juga meminta Teheran untuk memperhatikan tuntutan demokratis warganya.

Bahceli mengatakan bahwa demonstrasi di Iran adalah kelanjutan Musim Semi Arab di awal tahun 2010, “yang menyebabkan pertumpahan darah di Afrika Utara dan Timur Tengah.”

Bahceli menambahkan : “Saya ingin  semua orang mengetahui bahwa Musim Semi Arab, yang merupakan proses kacau, akan sampai ke Anatolia tahap demi tahap, dan akan menghancurkan negara Turki selangkah demi selangkah, Turki harus siap menghadapinya dan menyingkirkan semua serangan tersebut.”

Iran dilanda demonstrasi pada akhir Desember karena meningkatnya inflasi, pengangguran, dan kesalahan manajemen yang dibuat rezim Iran. Protes tersebut kemudian menjadi aksi demonstrasi anti-rezim, dengan cepat menyebar ke beberapa provinsi, termasuk ibukota Teheran.

Lebih dari 20 orang tewas dalam demonstrasi tersebut, termasuk satu petugas polisi, sementara lebih dari 1.000 demonstran telah ditahan oleh pihak berwenang. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here