Omongan Amien Rais Bisa Memengaruhi Proses Hukum Kasus Laskar FPI

348
Amien Rais

JAKARTA – Pakar hukum pidana dari Universitas Al-Azhar Suparji Achmad mengomentari pernyataan politikus senior Amien Rais yang menyebut tidak ada keterlibatan TNI-Polri secara kelembagaan dalam kasus penembakan terhadap 6 laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek, pada 7 Desember 2020.

Amien Rais menyampaikan kalimat tersebut saat peluncuran ‘Buku Putih’ TP3 tentang peristiwa kematian 6 laskar FPI, pada Rabu (7/7).

Menurut Suparji, pernyataan tersebut bila disampaikan dalam pemeriksaan penyidikan atau persidangan, bisa dijadikan alat bukti.

“Peryataan tersebut kalau disampaikan dalam pemeriksaan penyidikan atau persidangan dapat jadi alat bukti,” kata Suparji kepada JPNN.com, Sabtu (24/7).

 

Sebaliknya, akademisi itu mengatakan, bila disampaikan dalam diskusi atau kepada awak media, maka tidak bisa menjadi alat bukti.

Meski demikian, kata dia, pernyataan yang disampaikan Amien Rais itu merupakan opini yang bisa mempengaruhi proses hukum perkara tersebut.

BACA JUGA: Kabar Baik dari Luhut Pandjaitan, Tetapi Ada Hal Mengkhawatirkan

“Suatu opini atau pendapat dapat memengaruhi tindak lanjut penyelesaian masalah tersebut,” tutur Suparji Achmad. (cr3/jpnn)

Sumber Berita / Artikel Asli : JPNN

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here