Merinding, Peserta Pawai Ramadhan di Hong Kong Kibarkan Bendera Merah Putih

229

HONGKONG- Ratusan umat muslim di Hong Kong melaksanakan pawai Ramadhan 2017. Pawai menyambut Ramadhan 1438 H dilakukan di tengah kota. Kegiatan ini menyita perhatian warga karena peserta pawai Ramadhan mengibarkan bendera merah putih.

Sebagian peserta pawai mengenakan kerudung merah dengan ikat kepala warna putih. Sebagiannya lagi menggunakan ikat kepala warna putih. Ada pula mengenakan busana merah putih.

Mereka berjalan di tengah kota sambil menyanyikan lagu-lagu nasyid.  Beberapa polisi Hong Kong tampak berdiri di jalan mengatur jalannya pawai agar berlangsung tertib.

“Ini kegiatan kaum muslim hari ini di Hong Kong. Negara beretnis China, sering juga disebut kafir. Kaum minoritas dapat hidup damai di sini karena yang berbicara di sini adalah hukum tanpa memandang ras, suku, agama,” tulis Iwan Rudiawan di akun Facebooknya.

Iwan mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Mereka dapat melaksanakan kegiatan itu dengan aman dan damai dengan kawalan aparat kepolisian.

Warga Honkong pun menyambut dengan penuh antusias. Mereka senang, terhibur, memvideo, memphoto, mendokumentasikan, sepertinya sudah tidak ada dalam benak mereka soal siapa mereka, bangsa apa mereka, dari mana mereka, dan apa agama mereka.

“Mereka hanya tau ada sebuah kegiatan manusia yang sedang berbagi kebahagian, bersuka cita dengan penuh kedamaian,” imbuhnya.

Iwan juga mengunggah video pawai menyambut Ramadhan 2017 di Hong Kong. Video itu direkam oleh temannya dari Hong Kong yang memang tinggal di sana.

“Wahai negeriku, kau melihat damainya sodaramu yang minor di sini, di negeri yang tersebut kafir? mereka tersenyum, penuh damai, dan terlindungi menjalankan ibadahnya,” pungkasnya.

(one/pojoksatu)


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here