Menko Mahfud MD: Kalian Enggak Ngerti Arti Pelanggaran HAM

171
Mahfud MD

Jakarta– Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta pernyataan dirinya soal tidak ada pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak usah diributkan.

Mahfud pun tak menjawab saat dikonfirmasi mengenai pernyataan tersebut dengan dugaan tindakan represif polisi saat penggusuran warga Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin Kamis (12/12).

“Ah, sudah lah enggak usah diributkan, kalian enggak ngerti arti pelanggaran HAM,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (13/12).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tak menjawab saat disinggung tindakan represif aparat kepolisian terhadap warga yang menolak penggusuran. Mahfud langsung masuk ke dalam mobil dinasnya.

Sebelumnya, Mahfud mengklaim tak ada pelanggaran HAM di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2014 lalu.

“Coba lihat di era Pak Jokowi sejak 2014 sampai sekarang tidak ada satu pun isu pelanggaran HAM. Tapi kejahatan banyak, pelanggaran oleh oknum juga banyak, dan itu sedang diproses,” kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, kemarin.

Mahfud memiliki dalih atas pernyatan tak ada kasus pelanggaran HAM di era Jokowi. Menurut Mahfud, pelanggaran HAM jika merujuk pada definisi hukum adalah suatu tindakan yang dilakukan aparat pemerintah secara terencana dan terstruktur untuk menghilangkan paksa hak asasi masyarakatnya.

Sebaliknya, kata Mahfud, apabila ada kasus kekerasan aparat terhadap rakyat, maupun rakyat terhadap rakyat, atau rakyat terhadap aparat itu hanya sekadar kejahatan.

“Ada juga polisi diamuk oleh rakyat itu bukan pelanggaran HAM. Ada rakyat ngamuk ke rakyat itu bukan pelanggaran HAM. Itu yang sifatnya horizontal itu kejahatan namanya kerusuhan,” ujarnya.

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai pernyataan pernyataan Mahfud tersebut sebagai narasi yang menyesatkan.

Berdasarkan catatan KontraS, terdapat sejumlah tindakan pemerintah yang dapat dikatakan sebagai pelanggaran HAM dalam satu tahun pemerintahan Jokowi belakangan ini., CNN Indonesia 

Comments

comments

Loading...