Meikarta dirancang untuk menjadi pusat bisnis dan finansial

244

Kehadiran megaproyek Meikarta tengah menjadi sorotan berbagai kalangan dalam jangka waktu beberapa bulan terakhir. Proyek ini memang dinilai fenomenal. Pasalnya, bukan hanya berbagai fasilitas modern dan premium saja yang bisa didapat oleh penghuninya, tapi harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif. Nggak heran kalau banyak orang berebut untuk memilikinya.

Presiden Meikarta, Ketut Budi Widjaja mengatakan bahwa lokasi kota masa depan Meikarta ini berada di jantung ekonomi Indonesia. Tepatnya di koridor Jakarta-Bandung, yang dikelilingi oleh beberapa kota baru seperti Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100.
Kawasan ini merupakan pusat industrialisasi Indonesia yang setiap tahunnya memproduksi lebih dari satu juta mobil, 10 juta motor, serta jutaan kulkas, TV, dan alat-alat rumah tangga lainnya.

Sudah ribuan perusahaan raksasa nasional dan multinasional membangun pabrik dan basis bisnisnya di koridor ini. Hal ini didukung juga dengan ratusan ribu staf dan karyawan kantor serta jutaan pekerja. Perusahaan tersebut antara lain Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, dan Samsung.

Meikarta dan sekitarnya berpotensi nyata menjadi kota terpenting di Indonesia dan pusat industri manufaktur di negeri ini. Hal ini juga mendapat dukungan dari pemerintah yang mulai bergerak cepat membangun beberapa infrastruktur seperti bandara dan pelabuhan di Cikarang dan sekitarnya, termasuk railway Cikarang-Tanjung Priok, high speed railway Jakarta-Cikarang, serta railway Jakarta-Bandung yang melewati Cikarang.

Lippo sendiri juga akan menggandeng investor asing asal Korea Selatan, Tiongkok, Taiwan, Singapura, Timur Tengah dan Eropa demi mewujudkan kota masa depan ini. Beberapa proyek di Central Business District (CBD) Meikarta dikerjakan secara joint venture dengan investor Jepang, seperti Mitsubishi dan Toyota.

Meikarta akan dikembangkan menjadi kota dengan pusat bisnis dan finansial seperti konsep kota Tokyo dan New York. Jadi, Meikarta nantinya akan menjadi pusat hunian ribuan pekerja dan pergerakan bisnis yang tinggi dengan adanya pusat industri serta berbagai perkantoran. Proses ini membuat Meikarta butuh pusat keuangan seperti kantor dari bank lokal ternama, bank asing, dan institusi keuangan berskala dunia.

Dengan rencana yang terintegrasi dengan baik ini, maka keinginan Lippo yang memiliki visi menjadikan Meikarta sebagai pusat ekonomi baru yang akan menggantikan Jakarta degan tatanan kota yang lebih teratur akan segera terwujud. Cari tahu informasi tentang kota masa depan ini dengan klik di sini[wri] merdeka


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here