Mahathir Mundur Setelah 2 Tahun, Anwar Ibrahim Penggantinya?

802
Mahathir Mohamad - Anwar Ibrahim

Jakarta – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad baru mengirimkan surat pernyataan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Malaysia. Surat itu dikirim kepada Raja Malaysia.

“Kenyataan Akhbar: Peletakan Jawatan sebagai Perdana Menteri Malaysia,” demikian isi dari surat pengunduran diri Mahathir yang disampaikannya melalui media sosial Twitternya, Senin (24/2/2020).

Mahathir dilantik 2 tahun lalu atau tepatnya pada Kamis Malam 10 Mei 2019 menyusul kemenangannya atas Najib Razak pada Pemilu. Mahathir yang kala itu berusia 92 tahun memang kembali memegang kursi pemerintahan setelah pada 2003 meletakkan jabatannya.

 

Mahathir Mundur Setelah 2 Tahun, Anwar Ibrahim Penggantinya?Foto: Mahathir Mohamad mengundurkan diri

Mahathir telah memimpin Malaysia selama 22 tahun di periode yang pertamanya. Dan periode kedua sebanyak 2 tahun hingga detik ini.

Mahathir pernah berjanji setelah dilantiknya kembali pada 2018. Dua tahun lamanya ia akan memimpin kembali Malaysia dan turun tahta.

Mahathir Mundur Setelah 2 Tahun, Anwar Ibrahim Penggantinya?Foto: Mahathir Mohamad (AP Photo/Vincent Thian)

Kala itu ia berjanji memberikan kursi nomor 1 di Malaysia ke Anwar Ibrahim. Sementara itu isteri Anwar dan juga Ketua Umum Parti Keadilan Rakyat (PKR), Dr. Wan Azizah, diplot bakal menjadi wakil perdana menteri.

Kala itu juga, Mahathir langsung membebaskan Anwar Ibrahim yang masih dipenjara dengan dakwaan Sodomi. Dan langsung membongkar skandal 1MDB yang ikut menyeret nama Najib Razak.

“Saya tidak bisa bertahan sangat lama. Paling tidak, saya bisa bertahan selama dua tahun,” kata Mahathir pada Selasa (8/5/2018).

Mahathir mengungkapkan hal tersebut lewat tayangan langsung dari Kuala Lumpur untuk konferensi Wall Street Journal di Tokyo.

Mahathir telah memenuhi janjinya untuk mundur. Lalu apakah Anwar Ibrahim bakal jadi Perdana Menteri?, CNBC Indonesia

Comments

comments