LRT Palembang Habiskan Triliunan Rupiah Tapi Sudah Mogok Tiga Kali

1223
LRT

Ratusan penumpang kereta light rail transit( LRT) Palembang nekat turun dari kereta dan berjalan kaki sejauh 2 Km karena LRT tersebut berhenti mendadak di tengah lintasan di stasiun Jakabaring.

LRT tersebut mogok, sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan, membuat penumpang berduyun-duyun untuk berjalan menuju ke stasiun terdekat dengan kondisi berkeringat.

Video dan Foto mogoknya LRT ini viral dibagikan oleh banyak akun Facebook dan akun Instagram seperti akun Instagram @plglipp dan akun Facebook Asyraf Chayang Attalah dan Aak Zakky Kiemas.

Dalam postinganya Aak Zakky Kiemas mengutarakan kritikannya atas mogoknya LRT ini.

“Viralkan LRT memakan Biaya Triliun an. Mogok Mogok….. rakyat Jadi korban. Hahahaha Nasib Nasib Jaman Edan…LRT Palembang yang Menghabiskan Uang Rakyat triliun an… Astagfirullah sangat banyak. Belum Apa apa sudah mogok…Bikin Malu.. Atau Ada Yang akan Malu..,” tulisnya.

Kejadian yang menyebabkan para penumpang terpaksa jalan kaki di atas rel ini disebabkan karena kereta LRT kembali mengalami mogok ketika beroperasi di Stasiun Jakabaring.

Para penumpang mengaku kereta LRT mogok pukul 17.30 WIB. Kereta LRT berhenti mendadak usai melintas dari stasiun Polresta menuju ke stasiun Jakabaring.

Mogoknya LRT ini sempat membuat penumpang tertahan di LRT selama 30 menitan sehingga sempat membuat mereka panik, hingga menangis.

Para penumpang LRT Palembang berjalan diatas rel menuju ke stasiun Jakabaring, karena kereta mendadak mogok, Minggu (12/8/2018)
Para penumpang LRT Palembang berjalan diatas rel menuju ke stasiun Jakabaring, karena kereta mendadak mogok, Minggu (12/8/2018) (Istimewa)

Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti ketika dikonfirmasiKompas.com membenarkan bahwa kereta LRT kembali mengalami kendala hingga menyebabkan para penumpang harus dievakuasi keluar.

“Kejadian sekitar pukul 16.30 WIB, penyebabnya masih dalam proses investigasi,” kata Aida, melalui pesan singkat seperti dikutip dari Kompas.com.

Aida melanjutkan, komentar para netizen di media sosial yang menyebutkan bahaya saat berjalan kaki di atas rel tidak benarkan.

Menurut dia, proses walk way adalah salah satu evakuasi para penumpang jika terjadi kereta mogok.

“Tentunya setelah dinyatakan aman oleh petugas. Tidak benar jika ada yang bilang proses evakuasi masih dalam kondisi tegangan listrik. Evakuasi penumpang setelah dinyatakan aman (dari tegangan listrik),” ujar dia.

plglipp

instagram.com/plglipp

Untuk diketahui, mogoknya kereta LRT di Palembang telah tiga kali terjadi. Sebelumnya, dalam proses uji coba operasi, “ular besi” ini juga mengalami mogok setelah diguyur hujan.

Kasus kedua terjadi ketika kereta mengalami masalah sinyal dikawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, hingga penumpang tertunda di Stasiun Bumi Sriwijaya.

Dan terakhir, mogok terjadi di Stasiun Jakabaring hingga kereta mendadak terhenti di tengah jalan dan menyebabkan penumpang harus berjalan kaki di atas rel menuju ke stasiun terdekat.

LRT Palembang Habiskan Triliunan Rupiah

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merilis data terkait perbandingan nilai pembangunan light rail transit ( LRT) di Palembang dengan LRT di dua negara tetangga seperti Filipina dan Malaysia.

Data tersebut dirilis guna menepis anggapan mark-up yang dituduhkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terkait pembangunan LRT Palembang.

Berdasarkan data yang dirilis Kemenhub, nilai investasi LRT Palembang lebih murah jika dibandingkan dengan LRT di Manila Line 1 di Filipina dan LRT Kelana Jaya Line di Malaysia.

Total capex atau belanja modal yang dikeluarkan untuk membangun LRT Kelana Jaya Line adalah sekitar 63 juta dollar AS per kilometer atau sekitar Rp 817 miliar per kilometer (kurs Rp 13.000).

Nilai tersebut digelontorkan guna membangun jalur sepanjang 34,7 kilometer, 25 unit stasiun, dan 120 unit kereta.

Kemudian, nilai investasi lebih besar digunakan untuk membangun LRT Manilla Line 1, yakni 77 juta dollar AS per kilometer atau setara dengan Rp 1,004 triliun per kilometer.

Biaya tersebut digunakan untuk membangun jalur kereta sepanjang 23 kilometer, 14 unit stasiun, dan 108 unit kereta.

Lantas, bagaimana dengan LRT Palembang? Data Kemenhub menunjukkan, nilai investasi untuk LRT Palembang adalah 37 juta dollar AS per kilometer atau senilai dengan Rp 484 miliar per kilometer.

Nilai investasi tersebut digunakan untuk membangun jalur kereta sepanjang 23,4 kilometer, 13 unit stasiun, dan 24 unit kereta.

“Terkait niali kontrak pembangunan LRT di Indonesia khususnya LRT Palembang yang dinilai relatif besar, dijelaskan bahwa nilai kontrak tersebut bukan merupakan nilai mutlak, tetapi pembayarannya dilakukan berdasarkan realisasi atas pengeluaran kontraktor yang telah diaudit BPKP,” tulis Kemenhub dalam data yang diterima Kompas.com, Minggu (24/6/2018).

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyebut biaya pembangunan LRT 8 juta dollar Amerika Serikat (AS) per kilometer. Namun di Indonesia, melebihi jumlah itu.

Dia mencontohkan, pembangunan LRT Palembang, Sumatera Selatan yang memiliki panjang 24 kilometer. Dana yang dihabiskan untuk proyek tersebut Rp 12,5 triliun.

Itu artinya, dana yang dihabiskan untuk membangun LRT Palembang setiap kilometernya mencapai 40 juta dollar.

“Jadi pikirkan saja berapa mark up yang dilakukan pemerintah untuk 1 kilometernya. Jika 8 juta dollar itu saja bisa mendapatkan untung, apalagi 40 juta dollar? Karena saya mengerti hal ini banyak yang membenci saya,” kata Prabowo dalam sambutannya saat menghadiri halal bihalal bersama warga serta ulama di Grand Rajawali Ballroom Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (21/6/2018).

Video LRT Mogok

Nah LRT mogok…dem nambah takut nk naeknyo..😮😉

Posted by Asyraf Chayang Attalah on Sunday, August 12, 2018

Viralkan LRT memakan Biaya Triliun an.Mogok Mogok….. rakyat Jadi korban.Hahahaha Nasib Nasib Jaman Edan…LRT Palembang yang Menghabiskan Uang Rakyat triliun an… Astagfirullah sangat banyak. Belum Apa apa sudah mogok…Bikin Malu.. Atau Ada Yang akan Malu..

Posted by Aak Zakky Kiemas on Sunday, August 12, 2018

 

.tribunnews

 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.