LIPI: Wamen untuk Tampung Pendukung yang Ngambek dan Marah

251

Jakarta – Pengamat Politik LIPI, Siti Zuhro, menilai tujuan pengangkatan wakil menteri adalah ‘bagi-bagi jabatan’. Tidak bisa dipungkiri Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 memiliki banyak tim sukses, baik dari kalangan parpol maupun nonparpol hingga organisasi relawan.

“Sebetulnya Wamen ini tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk mengakomodasi tentunya kepentingan politik dari partai partai politik dan nonpolitik,” kata Siti Zuhro di saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (25/10).

Dia mengatakan, banyak tim sukses menjadi PR atau pekerjaan rumah bagi Presiden Jokowi untuk mengakomodasi mereka semua. Apalagi mereka mendukung bukan tanpa syarat, harus kepentingan kelompok yang hendak digolkan.

“Kalau tidak akan, tau sendiri. Ada yang ngambek, ada yang marah, yang intinya menuntut untuk diakomodasi kepentingannya. (Itu) terjadi sekarang,” kata dia.

Pengangkatan 12 wakil menteri ini juga terkesan kontradiktif dengan gagasan Presiden Joko Widodo soal reformasi birokrasi. Dalam pidato pelantikan saat Sidang Paripurna MPR, Presiden Jokowi menekankan soal reformasi birokrasi.

Jokowi berencana menyederhanakan jabatan eselon dengan memangkas eselon III dan IV. Ia mengatakan nantinya eselon-eselon tersebut akan disederhanakan menjadi 2 level.

Siti Zuhro mengatakan wacana Jokowi tersebut sebenarnya cukup menggembirakan. Tapi, lagi-lagi komitmen seolah terbantahkan dengan pengangkatan wakil menteri.

“Tapi lalu ternyata ada pemilihan wakil menteri. Ini kan banyak sekali,” kata dia. Menurut dia, jika hendak menambah kursi jabatan, maka yang lebih prioritas adalah jabatan-jabatan di daerah.

“Yang harus mengurus daerah diperbanyak. Pusat urusannya cuma enam saja, wajib lagi, enam absolut istilahnya. Maka itu menurut saya tidak perlu ada penggemukan (di pusat),” ucapnya.

Presiden Joko Widodo memperkenalkan 12 orang sebagai wakil menteri yang akan membantu kinerja Kabinet Indonesia Maju. Perkenalan 12 wakil menteri dilakukan Jokowi di Istana Kepresidenan hari ini, Jumat (25/10).

Berikut daftar lengkap wakil menteri pilihan Jokowi:

1. Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar

2. Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono

3. Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid Sa’adi

4. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara

5. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga

6. Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: John Wempi Wetipo

7. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Alue Dohong

8. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi

9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional: Surya Tjandra

10. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin

11. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wiryoatmojo

12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Hary Tanoesoedibjo

(EP) indonesiainside

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here